Puluhan KIP yang Ditemukan Tercecer di Kediri Diserahkan ke Polisi

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Dua pemuda yang menemukan 70 keping KIP di Kediri menyerahkannya ke polisi

jatimnow.com - Temuan puluhan lembar Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang tercecer di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri akhirnya diserahkan ke polisi oleh penemunya, Minggu (19/5/2019).

Puluhan KIP tersebut diserahkan oleh Dicky Dear Saputra (24), sang penemu ke Sub Sektor Ngasem, Polsek Gampengrejo, Polres Kediri. Dicky merupakan orang pertama yang menemukan kartu tersebut, kemudian mengunggahnya di Facebook hingga ramai diperbincangkan warganet.

Dicky mendatangi polsek bersama Rico Tri Sutrisno yang juga menemukan 7 keping KIP pada waktu yang hampir bersamaan dan lokasi yang tidak terpaut jauh. Total jumlah kartu yang mereka temukan sebanyak 70 keping. Kartu tersebut mayoritas beralamatkan di Tulungagung.

"Waktu saya posting kemarin, ternyata ada juga yang menemukan. Akhirnya kita sepakat menyerahkan temuan ini ke polisi," ujar Dicky.

Baca juga:  Puluhan Kartu Indonesia Pintar Ditemukan Tercecer di Kediri

Sementara itu, Kapolsek Gampengrejo, AKP Mukhlason menyatakan, dirinya dan anggota sudah melakukan pemeriksaan terhadap kedua penemu kartu yang menjadi salah satu program andalan Presiden Jokowi tersebut. Selain, ia mendatangkan Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial Kabupaten Kediri untuk melihat keaslian kartu.

"Menindaklanjuti temuan ini, kita datangkan Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial Kediri untuk mengecek KIP tersebut," tuturnya.

Secara fisik, menurut Mukhlason, hasil pengecekan oleh pihak Dinas terkait menyebutkan bahwa KIP tersebut asli. Hanya saja, perlu membuka database untuk mengetahui berlaku tidaknya kartu dengan mencocokan nomor ID yang tertera.

Kasus tersebut kini ditangani oleh Satreskrim Polres Kediri untuk menyelidiki asal KIP itu dan bagaimana bisa tercecer, kemudian memang terjatuh atau sengaja dibuang.

"Untuk pemeriksaan lebih lanjut, temuan ini akan ditindaklanjuti oleh Satreskrim Polres Kediri," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter