Layani Pemudik, Bus di Terminal Patria Blitar Ditambah Dua Kali Lipat

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Suasana di Terminal Patria, Blitar

jatimnow.com - Perusahaan Otobus (PO) yang memiliki trayek ke arah Blitar menambah jumlah armadanya untuk melayani pemudik 2019. Data di Terminal Tipe A Patria Blitar, jumlah penambahan armada angkut mencapai 60 persen.

Dari jumlah armada yang ditambah, kebanyakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Sementara untuk Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) relatif tetap.

"Kalau hari biasa sekitar 150 bus. Saat ini bertambah sekitar dua kali lipatnya. Kemudian ada sekitar 10 persen untuk cadangan. Kalau AKDP jumlahnya antara 70 sampai 100 unit," kata Kepala Terminal Patria, Blitar, Verie Sugiharto, Senin (27/05/2019).

Sejumlah persiapan menghadapi mudik lebaran 2019 sudah dilakukan oleh terminal melalui ramp check. Setiap hari, petugas dari Kementrian Perhubungan melakukan cek kelaikan bus sebelum melayani penumpang.

Bus yang laik jalan ditempeli stiker. Verie memprediksi, puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 lebaran. Sedangkan H+5 merupakan puncak arus balik menuju Kota besar.

Terpisah, Kepala Stasiun Blitar, Yana Hadiyana mengatakan berdasarkan manifest penumpang jumlah pemudik menuju Blitar mulai H-7 hingga H-1 cenderung stabil. Sedangkan pemudik yang pergi dari Blitar paling tinggi pada H-4.

Untuk menyambut kedatangan pemudik, pihak stasiun juga sudah membangun beberapa fasilitas penunjang. Agar para pemudik nyaman ketika berada di stasiun.

"Beberapa fasilitas diantaranya toilet, peron dan perluasan areal parkir. Musala kami perbaiki. Lantai juga kami rombak. Kami pakai granit agar (pemudik) nyaman kalau sudah turun disini (Blitar)," kata Yana.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter