Dipastikan Tidak Ada Kenaikan Tarif Angkutan Lebaran 2019 di Jatim

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Fattah Jasin.

jatimnow.com - Dipastikan tidak ada kenaikan tarif angkutan lebaran 2019 di Jawa Timur. Terutama pada angkutan umum kelas ekonomi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Fattah Jasin. Fattah mengatakan, tidak adanya kenaikan tarif ini, sesuai wewenang dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang tidak melakukan revisi tarif angkutan.

"Bu Gubernur sesuai kewenangannya tidak melakukan revisi tidak merevisi tarif angkutan, baik batas bawah maupun atas," ujar Kepala Dishub Jatim, Fattah Jasin, Rabu (29/5/2019).

Untuk memastikan tidak ada permainan tarif saat di lapangan, Fattah telah menerjukan sejumlah anggota yang tak berseragam dinas untuk mengawasinya.

"Kami nanti akan melakukan pengawasan, dengan menempatkan petugas tidak berseragam di lapangan. Ini untuk melihat apakah terjadi pelanggaran adanya permainan tarif angkutan," kata Fattah.

Apabila nanti saat petugas dilapangan menemukan adanya kenaikan tarif yang tak wajar, kata dia, pihaknya tak segan-segan akan menjatuhkan sanksi kepada perusahaan angkutan tersebut.

"Ketika ada, itu sudah ada ketentuan. Diperingatkan, sampai dicabut (izin operasionalnya)," tegasnya.

Tak hanya itu, sejumlah transportasi lainnya seperti kereta api dan kapal penyeberangan juga tidak ada kenaikan tarif. Menurut Fattah justru tiket pesawat lah yang mengalami penurunan hingga 16 persen.

"Jadi pesawat yang dulu Rp 1,6 (juta), Rp 1,7 (juta) sekarang, masih diatas Rp 1 juta tapi Rp1,1 hingga Rp1,2 juta," tuturnya.

Kendati demikian, jumlah masyarakat yang menggunakan jasa penerbangan untuk mudik lebaran diprediksi tidak mengalami kenaikan. Karena secara umum jumlah pemudik di Jatim sendiri naik antara 3 sampai 5 persen.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter