jatimnow.com

Begini Kronologi Kebakaran SPBU di Sinduro Ponorogo

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
Petugas berhasil memadamkan api yang membakar mobil dan mesin pengisian BBM di SPBU Ponorogo 🔍
Petugas berhasil memadamkan api yang membakar mobil dan mesin pengisian BBM di SPBU Ponorogo

jatimnow.com - Setelah api yang membakar Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sinduro, Kelurahan Surodikraman, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo, berhasil dipadamkan, Polres Ponorogo langsung melakukan identifikasi dan olah TKP.

Kabag Ops Polres Ponorogo Kompol Basuki Nugroho mengatakan, dari hasil identifikasi sementara, mobil yang terbakar lebih dulu di SPBU tersebut adalah mobil Carry bernopol AD 9026 CD yang dikemudikan Lilik dengan satu penumpang bernama Sumali (52).

Kedua warga Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah itu mengisi BBM jenis premium. Setelah selesai, mobil itu hendak melaju keluar dari SPBU.

Loading...

"Tapi tiba-tiba muncul percikan api dari mobil. Lalu kedua orang itu langsung menyelamatkan diri. Namun mobilnya malah mundur dan menabrak tangki berisi pertalite," kata Basuki, Sabtu (22/6/2019).

Menurut Basuki, jika dilihat dari barang-barang yang disita dari lokasi kejadian, kemungkinan pemilik mobil tersebut membeli BBM jenis premium dalam jumlah banyak.

"Seperti dimodifikasi (mobilnya), tapi masih akan kami selidiki lagi," jelasnya.

Ia menyebutkan, kebakaran di SPBU itu semakin membesar dengan ditemukannya belasan tabung gas elpiji yang ada di dalam mobil.

"Untuk tabung gas elpiji juga sudah kami sita sebagai barang bukti," tambahnya.

Baca juga:  

Atas kebakaran tersebut, penumpang mobil bernama Sumali terluka pada tangan dan kaki kanannya dengan luka bakar sebesar 15 persen dan sudah menjalani perawatan di IGD Rumah Sakit Umum Muslimat.

Terpisah, Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus PT Pertamina Rustam Aji menambahkan bahwa sebelum kejadian, mobil Carry itu mengisi BBM di pompa tiga atau jenis premium. Setelah kendaraan selesai diisi dan akan keluar dari SPBU, tiba-tiba muncul percikan api hingga mengakibatkan bagian belakang mobil terbakar.

Kebakaran tersebut memicu kepanikan pengemudi sehingga ia memutuskan untuk keluar dari mobil yang masih melaju hingga mobil menabrak pulau pompa dua dengan jenis pertalite yang mengakibatkan kebakaran di pulau pompa tersebut.

"Saat ini Pertamina masih berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan menunggu hasil investigasi untuk mengetahui penyebab pasti dari kebakaran yang terjadi," beber Rustam.

Akibat kejadian tersebut, terdapat kerugian material berupa rusaknya dua unit pulau pompa di SPBU tersebut.

"Pertamina mengapresiasi pihak Pemadam Kebakaran dan seluruh pihak yang telah membantu upaya pemadaman tersebut. Sementara SPBU ini tidak dapat beroperasi, masyarakat dapat menuju ke SPBU 54.634.01, SPBU 54.634.08 dan SPBU 54.634.18 yang berada di radius 3 KM dari lokasi," tandas Rustam.

 

 

Loading...