Ditemukan 11 Jerigen BBM di Dalam Mobil yang Terbakar di SPBU Ponorogo

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant bersama barang bukti BBM

jatimnow.com - Polisi menemukan penyebab yang sama pada kebakaran SPBU di Ponorogo. Mobil pengangkut BBM menjadi penyebabnya.

Beberapa jam sebelum kebakaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Sinduro Ponorogo, kebakaran mobil yang sama juga hampir terjadi di SPBU di Dengok Ponorogo. Namun tidak membesar.

"Sabtu pekan lalu kejadian kebakaran karena mengangkut puluhan BBM jenis premium ada dua kali. Sabtu siang dan Sabtu sore," kata Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant, Senin (24/6/2019).

Untuk SPBU di Dengok Ponorogo, lanjut ia, awalnya mobil Avanza bernopol AE 1396 SU, dikendalikan Darmono (37) warga Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo mengisi preimum. Setelah selesai mengisi dan berjalan beberapa meter mobilnya berhenti.

"Karena terlihat api dari bagian pedal gas dan api membesar. Sopir akhirnya memanggil petugas SPBU," terangnya.

Beruntung, lanjut ia, api bisa dipadamkan. Sehingga tidak menyebabkan kebakaran besar seperti yang terjadi pada SPBU di Sinduro Ponorogo. Walapun mobil yang membawa ratusan liter premium itu harus rusak parah.

Baca juga:  

Rupanya, kata ia, saat olah tkp terlihat bahwa ada selang yang dihubungkan tangki bbm kemudian menyambung ke jerigen yang telah dibawa di mobil Avanza. Diduga proses pemindahan juga menggunakan pompa air. Tangki mobil juga telah dimodifikasi.

"Di mobil ada 11 buah jerigen. Semuanya penuh," jelas AKBP Radiant.

Menurutnya, mobil Avanza ini telah mengisi premium di 4 SPBU. Awalnya di SPBU Jiwan Madiun, kemudian beralih ke SPBU Dolopo Madiun, lalu ke SPBU Mlilir. Terakhir di SPBU di Dengok Ponorogo. Dugaannya memang ada penimbunan.

"Masih kami dalami," jelasnya.

Mobil avanza ini terbakar saat mengisi BBM di SPBU Dengok Ponorogo pada Sabtu 22 Juni 2019 lalu. Polisi menemukan mobil tersebut sudah dimodifikasi untuk menampung BBM. Didalam mobil ditemukan 11 jeriken berisi BBM serta pompa air.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter