Pemilik Akun Facebook Penghina Presiden Jokowi Ditetapkan Tersangka

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: CF Glorian

Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar

jatimnow.com - Setelah melalui serangkaian pemeriksaan terhadap terlapor, sejumlah saksi, saksi ahli dan gelar perkara, polisi menetapkan Ida Fitri (44) pemilik Akun Facebook (FB) Aida Konveksi sebagai tersangka.

"Setelah gelar perkara yang baru saja selesai, hasilnya bahwa terlapor (Ida Fitri) ditetapkan sebagai tersangka, karena telah memenuhi unsur pidana," tegas Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar, Senin (8/7/2019).

Meski ditetapkan sebagai tersangka, wanita yang tinggal di Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar tersebut tidak langsung ditahan.

Baca juga:  

"Kami akan kirimkan surat pemanggilan sebagai tersangka. Nanti penyidik akan melakukan pemeriksaan. Kalau penyidik merasa perlu ditahan, maka akan ditahan. Paling lambat tiga hari setelah penetapan tersangka," jelas Ade.

Dalam proses pemeriksaan, kasus penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi), polisi melakukan setidaknya tiga kali gelar perkara. Polisi juga sudah mengirimkan handphone Ida ke Puslabfor Mabes Polri kaitannya dengan jejak digital yang dilakukan oleh Ida.

Selain itu, total ada 9 saksi yang diperiksa, termasuk saksi ahli pidana, ahli bahasa hingga ahli teknologi informasi. Penyidik menjerat Ida dengan pasal berlapis dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

"Kami sangka dengan pasal 45 A (2) jo 28 (2) Undang-undang ITE juncto pasal 207 KUHP tentang penghinaan penguasa negara," tambah Adewira.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter