Konsolidasi PAC PDIP Surabaya di Kantor DPD Sempat Diwarnai Kericuhan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Kericuhan di kantor DPD PDIP Jawa Timur

jatimnow.com - Aksi kericuhan mewarnai konsolidasi Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan se-Surabaya di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur di Jalan Kendangsari Surabaya, Minggu (14/7/2019).

Kegiatan yang digelar sekitar pukul 14.30 WIB, untuk menyosialisasikan Peraturan PDI Perjuangan Nomor 28/2019 yang berisi peraturan tentang konsolidasi PDI Perjuangan Melalui DPD dan DPC dalam rangka Kongres ke-V PDI Perjuangan, termasuk pemilihan Ketua, Sekretaris, dan Bendahara (SKB) di tingkat DPC.

Belum setengah jam berlangsung, kericuhan sudah terjadi. Dari dalam, ruangan orang-orang berteriak, sementara sejumlah Satgas Cakra Buana menggiring seorang laki-laki keluar.

Dari pantauan dilokasi, Tri Widayanto Ketua PAC Simokerto turut keluar dengan kondisi emosi. Dia mengejar pria itu lalu sempat menyerangnya dengan pukulan hingga dipisah oleh sejumlah anggota Satgas Cakra Buana.

Belum terkonfirmasi apa yang terjadi di dalam hingga menimbulkan kericuhan. Sejumlah kader PAC di luar turut berteriak-teriak bahwa pria itu penyusup. Ada juga yang menganggap bahwa pria itu wartawan.

Padahal, sejumlah wartawan tetap menunggu di luar gedung karena memang tidak mengizinkan masuk. Konsolidasi yang dipimpin sejumlah pengurus DPD Jatim ini tertutup bagi awak media.

Perlu diketahui, konsolidasi ini berkaitan dengan hiruk-pikuk protes atas keputusan DPP PDI Perjuangan yang memutuskan Adi Sutarwijono menjadi Ketua DPC Surabaya menggantikan Whisnu Sakti Buana.

Protes sejumlah PAC ini disampaikan dalam Rapat Kerja Cabang di Empire Palace Surabaya pada Minggu pekan lalu. Konsolidasi di Kantor DPD PDI Perjuangan ini untuk memberikan pengertian atas keputusan DPP yang telah diambil.

Diketahui, pengumpulan Pengurus PAC se-Surabaya ini adalah instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan melalui surat nomor 5606/IN/DPP/VIII/2019 yang telah dikirimkan pada 10 Juli lalu kepada DPD Jatim.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter