Asetnya Kembali ke Pemkot Surabaya, Dugaan Korupsi YKP Terus Diusut

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra

Kajati Jatim Sunarta

jatimnow.com - Meski aset YKP dan PT Yekape telah kembali ke Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim terus melakukan penyidikan kasus dugaan korupsi yang dilakukan pengelola lama dalam yayasan tersebut.

"Masih berlanjut, karena audit masih berjalan," tegas Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jatim, Sunarta di Gedung Kejati Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Kamis (18/7/2019).

Sunarta menambahkan, jumlah aset kedua badan usaha tersebut masih belum diketahui secara pasti. Namun nilainya ditaksir sebesar Rp 5 triliun hingga Rp 10 Triliun. Hal tersebut lantaran audit kekayaannya masih belum rampung.

"Yang saya sebutkan Rp 5 Triliun itu hanya berdasar pembukuan yang ada di YKP. Nanti secara riilnya kayak apa, BPKP lagi bergerak melakukan audit," terangnya.

Baca juga: 

Selain itu, Kejati Jatim masih belum menetapkan tersangka dalam kasus ini. Namun, langkah pencekalan terhadap saksi yang dianggap berpotensi sebagai tersangka akan dilakukan. Hal itu untuk mencegah apabila mereka bepergian jauh.

"Kita akan melakukan pencekalan bagi saksi-saksi. Termasuk memblokir sejumlah rekening yayasan yang ada di beberapa bank di tanah air," tegas Sunarta.

Kasus dugaan korupsi YKP dan PT Yekape pernah beberapa kali mencuat. Bahkan pada tahun 2012, DPRD kota Surabaya pernah melakukan hak angket dengan memanggil semua pihak ke DPRD.

Saat itu, pansus hak angket memberikan rekomendasi agar YKP dan PT Yekape diserahkan ke Pemkot Surabaya, karena memang keduanya adalah aset Pemkot. Namun pengurus YKP menolak menyerahkan. Para pengurus lama membuat AD ART yayasan yang memberi penguasaan penuh terhadap aset YKP maupun PT Yekape. Inilah yang menjadi cikal bakal dugaan korupsi dalam yayasan tersebut.

Dalam mengusut kasus dugaan korupsi tersebut, Kejati Jatim sudah memblokir rekening yayasan tersebut. Namun beberapa kali pula, pengelola lama mencoba mencairkan deposito dan berhasil digagalkan.

Seiring dengan diserahkannya aset YKP dan PT Yekape ke tangan Pemkot Surabaya, dilakukan pula pengukuhan pengelola baru sementara yang terdiri dari para pejabat di Pemkot Surabaya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter