Kebakaran Gunung Panderman Meluas, 250 Orang Dikerahkan Padamkan Api

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Avirista Midaada

Tim gabungan berusaha memadamkan api yang membakar hutan di Gunung Panderman

jatimnow.com - Kebakaran hutan di Gunung Panderman, Kota Batu, hingga hari ketiga belum dapat dipadamkan. Bahkan area yang terbakar sudah mencapai lebih dari 60 hektar.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, meski titik awal api di atas sudah dapat dikendalikan, tapi api merembat ke bawah.

"Satu titik api di atas sudah padam. Tapi dua titik lainnya di bawah belum. Hingga Senin malam, api merambat ke sisi bawah gunung dengan kisaran area yang terbakar sudah 60 hektar," kata Rochim, Selasa (23/7/2019).

Rochim menyebut, dua titik api yang belum padam berada di lereng gunung dengan kemiringan lebih dari 60 derajat sehingga menyulitkan petugas.

"Lereng yang begitu curam kemiringannya lebih dari 60 derajat menyulitkan kami. Kami juga mengutamakan keselamatan petugas," bebernya.

Baca juga:  

Pada hari ini, tim gabungan akan kembali menuju Gunung Panderman dengan memulai pemadaman dari sisi selatan di kawasan Jalan Lingkar Barat (Jalibar).

"Karena api bergeser ke selatan, kami geser pos kordinasi ke Jalibar. Hari ini rencananya kami buat sekat dengan menggali tanah selebar 3 meter dengan panjang 5 kilometer mengelilingi kawasan yang terbakar," lanjut Rochim.

Selain itu, BPBD juga meminta tambahan personel baik dari TNI, polisi maupun komunitas lainnya untuk membantu pemadaman.

"Hari ini rencananya ada 200-250 personel, ada tambahan dari polisi, TNI dan komunitas lainnya dibanding kemarin," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter