Pixel Codejatimnow.com

Jelang Iduladha, Tulungagung Perketat Hewan Kurban dari Luar Daerah

Editor : Sandhi Nurhartanto  Reporter : Bramanta Pamungkas
Pemeriksaan hewan kurban
Pemeriksaan hewan kurban

jatimnow.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban di Pasar Hewan Beji.

Pemeriksaan dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya hewan kurban yang berpenyakit dan belum cukup umur jelang Iduladha.

"Pemeriksaan ini dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan hewan tidak cacat," ujar Kasi Pengamatan Penyakit Hewan, Tutus Sumaryani, Rabu (31/7/2019).

Ia memaparkan, terdapat beberapa persyaratan hewan layak untuk dikurbankan. Diantaranya tidak cacat, sehat dan cukup umur.

Masyarakat bisa mengetahui ciri ciri hewan layak kurban dengan beragam cara. Salah satunya dengan melihat bulu hewan.

Selain di pasar hewan, petugas juga akan melakukan pemeriksaan di sejumlah penjual hewan kurban yang banyak dijumpai di pinggir jalan.

Baca juga:
Sembelih Seribu Hewan Kurban, PKB Jatim: Spirit Multikonteks Idul Adha

"Kami pastikan semua hewan yang dijual sehat dan cukup umur," ujarnya.

Pihak dinas sendiri akan memperketat pengawasan hewan kurban dari luar kota seperti Trenggalek dan Blitar untuk memastikan hewan tersebut dalam kondisi sehat dan layak jual.

Pemeriksaan kesehatan ini juga akan dilakukan untuk hewan asal Tulungagung, yang hendak dikirim ke daerah lain. Saat ini permintaan hewan kurban dari luar kota seperti Jakarta, sudah mengalami peningkatan.

Baca juga:
Polresta Sidoarjo Salurkan Hewan Kurban 21 Sapi dan 55 Kambing

"Jumlahnya akan meningkat lagi menjelang pelaksanaan kurban," pungkasnya.