Laporan dari Taiwan

Melihat Pergantian Pasukan Penjaga Patung Chiang Kai Shek di Taiwan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Jajeli Rois

Chiang Kai Shek Memorial Hall di Taipei, Taiwan (foto-foto: Jajeli Rois/jatimnow.com)

jatimnow.com - Ketika berkunjung ke Kota Taipei, Taiwan, jangan lupa mampir ke Chiang Kai Shek Memorial Hall, salah satu objek wisata sejarah yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing maupun warga Taiwan.

Bersama rombongan awak media dari Indonesia, jatimnow.com berkesempatan melihat langsung megahnya bangunan Chiang Kai Shek Memorial Hall, yang berdiri di pusat Kota Taipei.

Arsitektur bangunan Chiang Kai Shek Memorial Hall itu terinspirasi oleh Tiantan, sebauh kuil di Beijing, Tiongkok. Keempat sisi strukturnya juga mirip dengan Piramida Mesir. Sedangkan di bagian luar, terhampar taman yang indah dan bangunan ini menjadi landmark Kota Taipei.

Pasukan menjaga ketat patung Chiang Kai Shek

Di dalam gedung, pengunjung dapat melihat mobil dinas presiden pertama Taiwan, Chiang Kai Shek. Juga dapat melihat patung lilin Chiang Kai Shek yang sedang duduk di ruang kerjanya.

"Meja dan kursi yang menjadi tempat duduk patung lilin Chiang Kai Shek, semuanya asli ketika Chiang Kai Sek menjadi Presiden Taiwan," ujar Avida, pemandu wisata rombongan media dan selebgram dari Indonesia beberapa waktu lalu di Taiwan.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat keanekaragaman yang dimiliki Taiwan seperti biota laut hingga berbagai kesenian di Chiang Kai Shek Memorial Hall.

Termasuk dapat menyaksikan patung Chiang Kai Shek yang terbuat dari perunggu seberat sekitar 21 ton. Pada dinding yang terletak di belakang patung perunggu Chiang Kai Shek, terdapat kata-kata yang mengandung makna yaitu etika, demokrasi dan ilmu pengetahuan atau pendidikan.

Patung lilin Chiang Kai Shek di Memorial Hall, Taipei, Taiwan

Pengunjung tidak bisa mendekat atau memegang patung perunggu raksasa setinggi 6,3 meter tersebut. Sebab patung itu dijaga ketat pasukan kepresidenan dan dibatasi dengan tali pembatas. Dua penjaga berdiri tegap dan khidmat di depan patung Chiang Kai Shek.

Keseruan mulai bisa dinikmati para pengunjung saat menyaksikan pergantian pasukan penjaga patung Chiang Kai Shek. Gerakan baris-berbaris pasukan tentara Taiwan yang dilengkapi dengan senjata laras panjang itu terlihat khas.

"Pergantian penjaga ini setiap satu jam sekali," tambah Avida.

Pergantian pasukan penjaga ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara maupun warga Taiwan di Chiang Kai Shek Memorial Hall.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter