jatimnow.com
Surabaya Raih Predikat 'Best City' pada EF EPI Best Award

Johan Wilhelmsson Management Advisor EF Education First menyerahkan trofi 'Best City' dari EF EPI Best Awards pada Tri Rismaharini

jatimnow.com – Kota Surabaya meraih predikat Best City pada penghargaan EF EPI Best Awards yang diinisiasi oleh EF Education First, lembaga pendidikan bahasa Inggris.

Best City dirilis dalam laporan EF English Proficiency Index (EF EPI) edisi ke-8 pada Desember 2018 lalu. Hari ini, EF Education First yang diwakili oleh Johan Wilhelmsson beserta jajaran direksi dan manajemen EF berkesempatan untuk memberikan penganugerahan tersebut kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Berdasarkan hasil laporan penelitian EF EPI 2018, Surabaya merupakan kota yang memiliki peningkatan nilai yang cukup signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris dengan skor 54.17 dari skor 53.87 pada laporan EF EPI 2017, dan termasuk dalam level tingkat kecakapan moderate atau menengah.

Artinya pada level ini, warga kota Surabaya telah mampu berpartisipasi dalam pertemuan mengenai bidang keahlian yang dikuasai, memahami lirik lagu, dan melakukan korespondensi secara profesional terkait hal atau bidang yang dikuasainya dengan menggunakan bahasa Inggris.

"Pencapaian yang diraih oleh Kota Surabaya ini tentunya dicapai melalui usaha dan upaya dari berbagai pihak, baik pemerintah melalui kebijakan dan program-programnya. Pihak atau lembaga swasta yang turut berperan aktif dalam mendukung dan mendorong peningkatan kemampuan bahasa Inggris, salah satunya dengan kehadiran center-center kami di Surabaya. Serta semangat dan kemampuan dari warga kota Surabaya itu sendiri," kata Juli Simatupang, Director of Corporate Affairs EF Indonesia.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan penghargaan yang diberikan oleh EF Education First kepada Kota Pahlawan sebagai Best City dalam peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, menjadi buah hasil yang sangat membanggakan baginya atas kesungguhan dari semua pihak yang terlibat.

"Saya berterima kasih kepada semua pihak atas segala usaha dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris warga Surabaya. Selama 5 tahun saya bekerja untuk memimpin kota ini, kita selalu berusaha untuk membawa Surabaya ke tingkat yang lebih tinggi, termasuk dalam hal kemampuan berbahasa Inggris," katanya.

"Beberapa upaya dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan langsung bagi pemberi jasa, perawat, anak-anak muda untuk terlibat aktif dalam kegiatan pariwisata mengingat Surabaya sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kita bisa bersama-sama dapat membawa Surabaya lebih maju lagi dan hal ini tentunya juga akan mengangkat nama Indonesia di mata dunia," imbuhnya.

Sebagai bentuk apresiasi dan dalam rangka untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris masyarakat Indonesia termasuk kota Surabaya, EF Education First akan mensosialisasikan EF Standard English Test (EFSET), tes bahasa Inggris gratis yang dikembangkan oleh pakar-pakar terkemuka di dunia, dengan sertifikasi standar internasional atau perkiraan skor setara TOEFL dan IELTS.

"EF berkomitmen untuk terus berinovasi untuk meningkatkan pembelajaran di EF dan berkolaborasi dengan pemerintah guna mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia di Indonesia yang salah satunya bisa dicapai melalui keterampilan berkomunikasi dan kemampuan bahasa Inggris. Karena dengan kemampuan tersebut, kita berkesempatan untuk memiliki wawasan internasional, meluaskan network, serta daya saing dalam menghadapi persaingan global," pungkas Juli.

Loading...

 

Berita Terkait