Cerita Sri Tanjung pada Benda Bersejarah yang Ditemukan di Kota Blitar

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: CF Glorian

Relief bergambar wanita yang ditemukan di Kota Blitar, disebut menggambarkan cerita Sri Tanjung

jatimnow.com - Penemuan relief di Kelurahan Gedog, Kota Blitar disebut menjadi petunjuk kuat bila situs Joko Pangon itu pernah berdiri sebuah kompleks percandian. Relief yang terukir dalam bongkahan batu andesit itu menggambarkan dua orang wanita berambut panjang.

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Wicaksono Dwi Nugroho menduga jika relief tersebut menceritakan kisah Panji.

"Kami mencoba mencari di berbagai literasi. Dan sepertinya itu bercerita Sri Tanjung yang menunggu suaminya pulang," kata Wicaksono, Jumat (6/9/2019).

Gambar relief itu, lanjut Wicaksono, memiliki kesamaan dengan relief di Candi Jabung. Sedangkan gambar dua perempuan tersebut merupakan satu wanita dengan dua adegan. Wanita tersebut tergambar berambut panjang dengan anting yang panjang yang menggambarkan seorang putri.

Baca juga:  

Pada adegan yang pertama, wanita tersebut terlihat duduk di atas sebuah batur. Sementara dalam adegan kedua, sang wanita duduk di atas tanah.

"Karakter penggambarannya sama. Kami mencoba menelusuri. Dan reliefnya sama dengan Candi Jabung di era Majapahit di wilayah Probolinggo. Gambarnya sama," ungkap Wicaksono.

Selain Candi Jabung, penggalan cerita Sri Tanjung dalam relief yang ditemukan warga di Gedog itu juga memiliki kemiripan dengan yang ada di Candi Penataran, Kabupaten Blitar.

Ia menambahkan, munculnya relief tersebut dapat menunjukan jika candi yang diduga ada di wilayah Gedog dibuat atas intervensi dari pemerintahan saat itu.

"Kan sebelumnya juga ditemukan Kepala Naga. Nah, candi yang dilengkapi Yoni Dewa Naga atau Nagari merupakan tinggalan dari tempat peribadatan kelas kerajaan besar," tutur Wicaksono.

Hingga kini, BPCB Trowulan masih melakukan berbagai survei dan mempelajari berbagai temuan di Kelurahan Gedog. Untuk itu, Wicaksono meminta masyarakat untuk tidak memindahkan situs purbakala lain jika suatu saat kembali menemukannya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter