Kepala Staf Kepresidenan: Jangan Gunakan Masjid Untuk Berpolitik

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko saat acara Seminar Nasional Pancasila di Surabaya.

jatimnow.com - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengajak menggunakan masjid untuk tempat beribadah dan pendidikan karakter. Bukan untuk kepentingan lainnya termasuk kepentingan politik.

Hal itu disampaikan Moeldoko usai membuka acara Seminar Nasional Pancasila 'Pembudayaan Pancasila pada Era Generasi Milenial' yang digelar Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Timur, di aula Pondok Pesantren Sabilurrosyidin, Gayungan, Surabaya, Sabtu (21/4/2018).

"Saya selalu mengatakan bahwa, masjid, pesantren, tempat beribadah memiliki nilai-nilai sangat strategis dalam membangun karakter bangsa. Untuk itu jangan masjid digunakan untuk kepentingan-kepentingan lain. Apalagi untuk kepentingan politik. Ini tidak sehat dan ini akan membawa kondisi yang tidak bagus ke depan," ujar Moeldoko.

Mantan Panglima TNI ini menerangkan, dunia saat ini menghadapi situasi perubahan yang cepat. Tapi di dalamnya penuh jebakan penuh resiko, kompleksitasnya luar biasa dan sering mengejutkan.

"Lingkungan ini harus betul-betul disikapi oleh anak-anak muda, dipahami oleh lingkungan itu. Bagaimana harus menyiapkan diri dengan baik. Menyiapkan diri dengan baik seperti apa, menyiapkan diri tidak cukup dengan kemampuan skill keahlian dan science-nya, tapi juga karakternya harus dipersiapkan," tuturnya.

Melalui kegiatan seminar Pancasila ini diharapkan ikut membentuk karater. Moeldoko yakin, anak-anak yang tinggalnya di lingkungan asarama, di lingkungan pesantren, lingkungan masjid akan terbentuk karaternya.

"Karena mereka akan mendapatkan character building dari para seniornya, guru-guru ngajinya," jelasnya.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter