Arca Burung Garuda dan Jalawadra Ditemukan di Situs Petirtaan Jombang

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Achmad Supriyadi

Arca Burung Garuda ditemukan saat ekskavasi di Petirtaan Jombang

jatimnow.com - Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) menemukan arca pancuran air berbentuk Burung Garuda di dinding sebelah barat setelah melaksanakan ekskavasi di situs petirtaan yang berada di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Desa Ngoro, Kabupaten Jombang.

Arca diduga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari petirtaan. Ekskavasi yang dilakukan di posisi selatan hanya berjarak sekitar 2 meter dari ujung saluran air.

Arkeolog BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan saat ekskavasi selain menemukan arca pancuran air berbentuk Burung Garuda, tim arkeolog menemukan 4 Arca Jalawadra.

"Arca itu ditemukan dalam kondisi utuh dan masih menempel di dinding petirtaan," katanya, Rabu (18/9).

Direncanakan ekskavasi akan diperpanjang 3 hari kedepan setelah ada permintaan dari Kepala Desa Kesamben.

"Eskavasi terakhir nanti kami akan lakukan analisis apakah masih diperlukan tahapan eskavasi lanjutan seperti tangga masuk yang kami perkirakan ada di timur tapi kami masih belum menemukan. Kemudian saluran buang dan kita menemukan indikasi ada lubang di dinding utara, tetapi kami masih menunggu lumpur ini diangkat," jelasnya.

Tim arkeolog akan memaparkan hasil ekskavasi kepada Bupati Jombang serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang untuk kajian pemanfaatan kedepannya.

"Pada intinya kami menyerahkan peninggalan cagar budaya ini untuk Pemda Jombang agar menindaklanjuti untuk pemanfaatan dan perawatannya," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter