Gunung Raung Terbakar

Begini Kondisi para Pendaki Termasuk asal Singapura yang Selamat

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Pendaki yang selamat dari kebakaran Gunung Raung

jatimnow.com - Tim Sar gabungan berhasil mengevakuasi 13 pendaki yang termasuk 7 diantaranya adalah Warga Negara Singapura. Kini kondisi kesehatan mereka tengah di periksa oleh tenaga kesehatan.

Kapolsek Kalibaru, AKP Abdul Jabar mengatakan sekitar pukul 10.00 Wib, ke 13 pendaki yang sebelumnya terjebak kebakaran di jalur pendakian Gunung Raung telah sampai di sekretariat Pos Pendakian di Dusun Wonorejo, Kalibaru.

Baca juga: 

Kini, kesemua pendaki termasuk 7 orang wisatawan asing dari Singapura itu masih menjalani pemeriksaan medis dari petugas kesehatan Puskesmas Kalibaru.

"Alhamdulillah sudah sampai di sekretariat pendakian di Dusun Wonorejo," kata Abdul Jabar.

Dari kondisi fisik 13 pendaki itu tampak sehat. Hanya di wajah-wajah mereka, lanjutnya, terlihat kehitaman. Mungkin akibat terpapar asap kebakaran hutan di jalur pendakian Gunung Raung.

"Ada 6 petugas kesehatan dari Puskesmas Kalibaru yang sedang memeriksa mereka, juga ada ambulans yang disiapkan di sini," tegasnya.

Sedangkan untuk luasan hutan yang terbakar, kata dia, hingga saat ini belum diketahui, termasuk penyebabnya. Sebab, lebih mengutamakan proses penyelamatan wisatawan Gunung Raung.

"Kalau luas hutan yang terbakar kita belum tahu, karena mulai tadi malam kita fokus upaya penyelamatan," sebutnya.

Para pendaki yang diselamatkan adalah Widi, Sam, Sinyo, dan Putri. Keempat orang itu asal Banyuwangi. Dua orang lainnya, yakni Lutfi asal Jember dan Jeremy asal Jakarta.

Sementara identitas ketujuh orang pendaki asal Singapura, yaitu Ng Hui Lin (23), Kom Jun Wei (25), Shervon Ong (24), Teo Yi Xian (24), Pang Jia Hui (25), Beh Ing Tsyr (23), dan Chua Ying Jie (27).


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter