Gandrung Sewu Banyuwangi, Bupati Anas: Ajang Anak Muda Peduli Budaya

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Festival Gandrung Sewu di Pantai Boom Banyuwangi

jatimnow.com - Festival Gandrung Sewu yang diikuti sekitar 1.400 pelaku seni, disebut Bupati Abdullah Azwar Anas sebagai bentuk dari kemandirian budaya yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Bayangkan, anggaran yang kita siapkan terbatas Rp 800 juta. Tapi berkat swadaya budaya dan swadaya dari anak-anak, ini luar biasa," kata Bupati Anas di Pantai Boom Banyuwangi, Sabtu (12/10/2019).

Tahun ini, Festival Gandrung Sewu mengambil tema 'Panji-Panji Sunangkoro' yang dibalut dalam sendratari. Berkisah, perjuangan heroik rakyat Bumi Blambangan melawan kolonialisme Belanda.

Panji-Panji Sunangkoro atau bendera-bendera yang bergambar kepala serigala melolong dijadikan sebagai penyemangat perang melawan penjajah pada tahun 1971 Masehi.

"Ditengah gempuran budaya global lewat media sosial, dimana anak-anak mulai teralienasi dari budaya lokalnya atau identitas budayanya, Gandrung Banyuwangi menjadi cara daerah agar anak-anak tetap peduli dan senang dengan budayanya," ujarnya.

"Sehingga dengan demikian, Alhamdulillah Gandrung Sewu dari waktu ke waktu terus bangkit," tambah Anas.

Dalam kesempatan itu, Anas menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang menjadikan Gandrung Sewu bagian top event dari kementerian pariwisata di tingkat nasional.

"Saya juga terima kasih kepada anak-anak karena telah berlatih dengan gigih dan tadi tampil selama 1 jam setengah," katanya.

Menurut Anas, Festival Gandrung Sewu dapat menjadi kekuatan pemersatu dari berbagai latar belakang agama, suku, ras, dan etnis.

"Ini menjadi kekuatan pemersatu dari berbagai latar belakang agama, etnis, menjadi bagian yang menyatu di festival ini," ujarnya.

Salah seorang penari gandrung, Fitri asal SMAN 1 Rogojampi mengaku bangga dapat menjadi bagian pagelaran ini. Terlebih, ia mengaku, telah mengikuti festival ini yang ke empat kalinya.

"Saya 4 kali ikut pagelaran Gandrung Sewu dan untuk hari ini, tadi mulai make up dari jam 4 pagi," kata Fitri.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter