Peringati Hari Ibu, Kapolda Jatim Sungkem ke Ibunda


Kapolda Jatim sungkem ke ibundanya

SURABAYA- Momen hari ibu dimanfaatkan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin untuk sungkem di pangkuan ibunda Hj Salwiyah Djajadi. Bahkan, ia meluangkan waktu di sela-sela kesibukannya untuk sungkem kepada ibundanya itu.

Usai memimpin upacara peringatan Hari Ibu di Mapolda Jatim, Kapolda beserta istrinya Lita Mahfud Arifin langsung menuju kediaman ibundanya di Gayungan Surabaya, Jumat (22/12/2017). Tiba di kediaman ibundanya, ia langsung mencium dan bersimpuh di kaki ibu yang duduk di kursi roda itu. Suasana haru pun terpancar dalam pertemuan itu.

Doa sang ibunda menambah suasana haru. Kapolda pun didoakan supaya selalu sehat, sukses dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Hadir pula pada momen itu Irwasda Polda Jatim Kombes Pol Wahyudi Hidayat, Kabid Propam Kombes Pol Indra Jafar.

Secara perlahan, Hj Salwiyah ini pun membuka ingatannya ketika Machfud Arifin masih hidup di Asrama Polisi Ketintang, Surabaya. Ia pun menceritakan bagaimana perjuangannya membesarkan anak-anaknya hingga sukses dan salah satunya bisa menjadi Kapolda Jatim.

Ia mengaku sebagai istri pensiunan polisi berpangkat AKP, ia tetap hidup sederhana dan tidak mau berfoya-foya. Tapi hidup dengan irit. Hj Salwiyah ditinggal suaminya AKP Djajadi pada tahun 1986. Dengan single parrent, dia tetap hidup sederhana, gemar menabung, demi pendidikan keenam anaknya.

Dari enam anaknya itu, saat ini tinggal empat orang. Anak pertamanya menjadi dokter spesialis mata di Bangka. Anak keduanya meninggal dunia karena kecelakaan. Anak ketiganya, sekarang menjadi Kapolda Jatim. Anak keempat meninggal dunia. Anak kelima dan keenam menjadi wirausaha.

Irjen Pol Machfud sangat bersyukur mempunyai ibunda yang sangat gigih mendidik anak-anaknya dan selalu berdoa dan berikhtiar agar anak dan cucunya menjadi orang yang berguna. Bahkan, ia setiap hari, bangun pukul 02.00 wib dinihari, untuk melaksanakan salat tahajud, salat hajat, salat subuh.

"Saya bersyukur ibu saya diberikan kesehatan. Saya bersyukur memiliki ibu yang luar biasa, penuh dengan perjuangan, gigih, mendidik anak-anaknya menjadi orang sukses," kata Irjen Pol Machfud saat prosesi sungkeman itu.

Orang nomor satu di Polda Jatim ini pun mengaku bukan hanya momen Hari Ibu saja mengunjungi ibundanya itu. Ia  mengaku sering mengunjungi ibundanya dan selalu meminta doa dari ibundanya.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga sempat memberikan pesan kepada para ibu. Ia berharap para ibu selalu menjadi ibu yang baik, termasuk kepada anak-anaknya, keluarga dan lingkungan serta masyarakat sekitarnya.

"Jadilah ibu yang baik, membuat anak-anaknya bisa sekolah, bisa menjadikan anaknya berprestasi, mampu berdiri di atas kakinya sendiri. Itu ibu yang sukses," jelasnya.

Ia juga berpesan khusus kepada Polwan, agar tidak melupakan kodratnya sebagai wanita maupun ibu bagi anak-anaknya.

"Disamping tugasnya menjadi profesional, disamping menjalankan tugas kesehariannya di kepolisian, jangan lupa membina, mendidik anak-anaknya. Ibu yang lebih sukses adalah ibu yang bisa mengantarkan anaknya sukses. Jangan ibunya sukses, anaknya nggak karu-karuan (bukan menjadi anak yang baik)," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter