Jeritan Keluarga Bayi Tanpa Lubang Anus di Mojokerto Terjerat Rentenir

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Achmad Supriyadi

Risky Junianto menggendong putranya yang mengalami kelainan tidak memiliki anus

jatimnow.com - Naufal Putra Aditya, bayi yang mengalami kelainan tidak memiliki anus atau Atresia Ani, diketahui belum memiliki asuransi kesehatan BPJS dan belum terdaftar Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Putra pasangan Risky Junianto (25) dan Nanik Mariyati (34) ini lahir dengan bantuan seorang bidan di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto pada Rabu (6/11/2019) lalu.

Baca juga:  Kasihan, Bayi di Kota Mojokerto ini Lahir Tanpa Lubang Anus

Keesokan harinya, Naufal diantarkan ke bidan tersebut karena demam dan tidak mau minum ASI ibunya bahkan sempat muntah.

"Saat diperiksa itu, Naufal diketahui tidak punya anus atau Atresia Ani," kata Nanik saat ditemui dirumahnya Lingkungan Randegan RT 4 RW 2, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Selasa (10/12/2019).

Naufal dibawa ke RSU Dr Soetomo Jumat (8/11) siang hari. Malamnya putra pertama dari Risky dan Nanik ini menjalani operasi pembuatan lubang untuk bisa buang air besar sementara.

"Biaya operasi di RSU Dr Soetomo habis Rp 13 juta dan lewat jalur umum. Biaya lahiran Rp 1,5 juta dan perawatan anak di RSUD RA Basuni Gedeg Rp 2 juta. Tidak ada bantuan atau asuransi BPJS karena dulu waktu mau mengurus istri saya sakit," ungkap Risky Junianto.

Ia terpaksa meminjam uang Rp 13 juta kepada rentenir. Dirinya harus mengembalikan uang pinjaman itu pada Minggu (22/12/2019) dengan bunga Rp 400 ribu setiap Rp 1 juta.

"Saat ini kami sekeluarga bingung untuk mengembalikan uang yang kami pinjam. Kalau tidak segera dikembalikan bunganya terus membengkak. Pendapatan saya juga tidak menentu, kadang Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta. Selama ini total biaya yang kami keluarkan Rp 20 juta termasuk tranportasi," ujarnya.

Ia juga harus menanggung biaya membeli kantong kolostomi Naufal yang membutuhkan rata-rata 2 buah untuk menampung kotoran air besar selama 6 bulan ke depan.

"Kami akan mengurus BPJS kesehatan mandiri agar saat Naufal operasi nanti tidak makan biaya besar," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter