Video Viral Pentol Bakso Berisi Daging Tikus di Madiun Tidak Terbukti!

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono menunjukkan hasil laboratorium pentol bakso yang disebut berisi benda mirip daging tikus

jatimnow.com - Viral pentol bakso berisi benda mirip daging tikus di Madiun, ternyata tidak terbukti alias hoaks. Itu setelah kepolisian menerima hasil laboratorium tentang kandungan pentol bakso tersebut.

"Jadi tidak terbukti. Hasil laboratoriumnya membuktikan bahwa pentol bakso itu tidak mengandung daging tikus, borak maupun formalin," tegas Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono, Jumat (31/1/2020).

Dia menambahkan, setelah video itu viral di media sosial, Satreskrim Polres Madiun dan Polsek Pilangkenceng langsung mendatangi pedagang bakso seperti yang diceritakan pengunggah video.

"Kami mengambil tiga sampel pentol bakso. Pertama dari pedagangnya, kedua dari agen dan terakhir dari pembeli yang memviralkannya," terang Ruruh.

Baca juga:  

Dan setelah diuji laboratorium, tiga sampel pentol bakso itu negatif daging tikus. Benda yang disebut mirip kaki tikus dalam video viral itu ternyata bagian dari mulut sapi.

"Yang disebut mirip dengan kaki tikus pada video itu kemudian disamakan engan kaki tikus yang sebenarnya," jelas Alumnus AKPOL Tahun 2000 ini.

Penjual bakso dan penyebar video tentang pentol bakso diduga berisi daging tikus bersalaman di Mapolres MadiunPenjual bakso dan penyebar video tentang pentol bakso diduga berisi daging tikus bersalaman di Mapolres Madiun

Dari tahap penyamaan itu, terdapat tiga hal yang membedakan. Pertama, yang sempat viral tidak terdapat kuku, sedangkan aslinya terdapat kuku. Kemudian pada video viral diduga tidak ada telapak kaki, pada aslinya, terdapat telapak kaki. Ketiga, tidak terdapat tulang, sedangkan aslinya, dipastikan terdapat tulang.

"Sudah jelas jika hasilnya beda. Jadi kami tegaskan kembali, (pada pentol bakso) itu bukan kaki tikus, tetapi bagian tubuh sapi," tegasnya.

Bahkan untuk membuktikan bakso tersebut benar-benar tidak mengandung daging tikus, Ruruh juga mengajak semua kapolsek di jajarannya serta wartawan makan bakso bersama di warung bakso tersebut.

Dia menghimbau kepada semua pihak untuk bijak dalam bermedia sosial, agar tidak merugikan orang atau pihak lain yang belum tentu bersalah.

Sebuah video pentol bakso berisi benda mirip kaki tikus viral di media sosial. Video berdurasi 24 detik tersebut itu sempat diupload salah satu akun di grup Facebook, tetapi akhirnya dihapus.

Dari video yang sempat dilihat jatimnow.com, tampak bakso itu dibongkar dan hanya terlihat penampakan tangan seseorang yang kemudian menunjukkan benda mirip kaki tikus.

Dalam video itu juga terdengar percakapan dua suara wanita yang menyebut bahwa mereka menemukan dua benda mirip kaki tikus yang mereka temukan dalam bakso uang mereka beli. Keduanya berdialog dengan Bahasa Jawa.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter