Usung Tema Bupati Asik, Siswa SMA Gresik Juara Kompetisi Literasi PWI

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Kegiatan kompetisi literasi pelajar tingkat SMA di Gresik

jatimnow.com - Naura Zalfa Adintama dari SMAN 1 Gresik menjadi juara kompetisi literasi pelajar tingkat SMA yang digelar PWI Gresik.

Dengan tajuk 'Bupati Gresik Masa Depan di Mata Generasi Milenial', kompetisi ini digelar untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020, di Gedung DPRD Gresik, Sabtu (1/2/2020).

Dihadapan tim juri yang juga ketua DPRD Gresik, Fandi Ahmad Yani bersama wakil ketua Achmad Nurhamim, Mujid Riduan, dan Asluchul Alif, Naura mampu mempresentasikan artikelnya dan mampu mengunguli 9 finalis lainnya.

Potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Gresik menjadi sorotan tersendiri bagi Naura. Menurutnya, meski jumlah destinasi wisata di Gresik jumlahnya mencapai 30, namun dirinya menilai hingga kini masih belum dikelola secara maksimal.

"Bupati ke depan harus kreatif mengelola obyek wisata yang ada sehingga mampu menjadi magnet yang kuat bagi wisatawan. Kalau banyak pengunjung, tentu akan mendongkrak pendapatan asli daerah," katanya.

Banjir tahunan Kali Lamong juga tidak lepas dari pemikiran kreatifnya. Naura menggagas bahwa Kali Lamong juga bisa dikelola dengan membangun waduk yang bisa difungsikan sebagai destinasi wisata dan menyimpan air.

"Agar menarik wisatawan, tentunya harus dilengkapi sepeda air, fasilitas olahraga air, serta infrastruktur lainnya," ujarnya.

Meski begitu menurut Naura masyarakat tetap menjadi unsur utama pariwisata. Karena itu Bupati harus Koordinatif.

"Artinya, Bupati harus intensif dalam berkoordinasi dengan masyarakat guna memajukan pariwisata di Gresik," pungkasnya.

Seusai melakukan presentasi, wakil ketua DPRD Asluchul Alif, mengaku sangat mengapresiasi pemikiran serta gagasan-gagasan yang disampaikan Naura.

"Saya sangat terkesan. Cara penyampaiannya santai, tidak gugup, lugas, tajam dan berisi. Dan yang jelas sangat menginspirasi," katanya.

Alif yang juga seorang dokter itu juga menyarankan Naura untuk terus mengembangkan potensi diri supaya kelak dapat mewujudkan cita-citanya.

"Kalau sudah dewasa jangan sekadar jadi ibu rumah tangga. Eman pintermu (Rugi pintarmu)," pesan pemilik RS Fathma Medika itu.

Adapun juara 2 kompetisi literasi kali ini diraih oleh Lizawatus Sa’adah (MAN 1 Gresik), juara 3 Ashila Aushafa Nigata (SMAN 1 Manyar). Sedang untuk juara harapan diraih Lailatul Khumairah (SMAN 1 Driyorejo) dan Muhdi Abdillah (SMAN 1 Kebomas).

Ketua PWI Gresik, Sholahuddin menjelaskan jika dibandingkan tahun lalu, kompetisi literasi tahun ini mengalami peningkatan 100 persen lebih.

"Setelah kami seleksi ratusan naskah yang masuk akhirnya kita dapatkan 10 finalis," kata Cak Hoed, sapaan akrab Sholahuddin.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter