Tembakau Enak Jadi Kode Transaksi Ganja Sintetis Produksi Surabaya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Barang bukti yang disita dari produsen ganja sintetis di Surabaya

jatimnow.com - Sindikat pembuat ganja sintetis di Apartemen High Point Jalan Siwalankerto, Surabaya dikenal licin dalam setiap aksinya. Selain berpindah-pindah apartemen, sindikat ini memiliki kode khusus setiap bertransaksi.

Kasubdit I Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Fanani mengatakan, sindikat ini mengemas ganja sintetis siap edar menggunakan kemasan kopi. Dalam transaksinya, kode yang dipakai adalah tembakau enak.

"Kode itu mereka pakai saat menjajakan ganja sintetis di media sosial," terang Fanani di TKP, Jumat (7/2/2020).

Baca juga: 

Fanani menjelaskan, sindikat ini menjual ganja sintetis melalui Line dan Instagram (IG).

Petugas menunjukkan kemasan ganja sintetis siap edar yang diproduksi di SurabayaPetugas menunjukkan kemasan ganja sintetis siap edar yang diproduksi di Surabaya

"Kalau di IG biasanya mereka menyebutnya tembakau enak. Untuk pengiriman, mereka menggunakan ekspedisi, pengemasan paket itu mereka menggunakan pakan burung sebagai pemberat saat ditimbang," ungkapnya.

Sementara itu, Aisul Riswad Nasrullah (29), satu di antara tiga tersangka peracik ganja sintetis mengaku mendapat zat kimia tersebut dari orang yang disebut Bos yang kini ditetapkan sebagai DPO. Dia mendapat upah Rp 100 ribu per packing oleh Bos itu.

"Saya yang menerima order. Saya digaji Rp 100 ribu per packing. Packing besar kecil. Dimasak di sini, tembakau gayo jenisnya. Bahan kimianya dari bos saya," ungkap sambung Aisul Riswad.

Menurut Aisul Riswad, tembakau gayo itu didapat dari seseorang di Cianjur, Jawa Barat.

"Pemesan didominasi kalangan anak muda, menengah ke atas," tambahnya.

Sebelum menyewa kamar di Apartemen High Point itu sejak Oktober 2019, AR dan komplotannya juga menyewa kamar hotel dan apartemen di Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter