Nilai UNBK Jeblok, Kadispendik Jatim Usulkan Rolling Guru

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Saiful Rachman .

jatimnow.com - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Saiful Rahman berencana memberlakukan rolling guru dalam kota. Hal ini terkait merosotnya Hasil UNBK di tahun 2017/2018.

"Untuk penyegaran kita akan roling guru, didalam kota saja. Pokonya semua kita lakukan, kita tunggu tanggal mainnya, kalau ada persetujuan dari Pak Gubernur jalan," kata Saiful Rachman usai rapat koordinasi penyerahan DKHUN jenjang SMA/SMK/MA di kantornya, Rabu (2/5/2018).

Baca juga: Momen Hardiknas, Dispendik Jatim Terima Kado Pahit Nilai UNBK Jeblok

Ia berharap dengan adanya sistem tersebut, UNBK tahun depan selain berintegritas juga memilki nilai yang bagus.

"Perolehan nilai mengalami penurunan yang signifikan sesuai yang dikeluhkan para siswa. Karena memang tuntutan Kemendikbud soal UN berstandar Higher Order Thinking Skills (HOTS), jadi mungkin HOTS beneran, pulang ujian pada demam siswanya," kelakarnya.

Pasalnya dalam dua kali Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Jatim, nilai siswa tahun ajaran 2017/2018 cenderung merosot.

Berdasar data Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) Dispendik, nilai ujian nasional (UN) SMK 2018 jeblok, karena sekitar 78 persen siswa mendapat nilai rata-rata 5,5. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya 55 persen.

Reporter : Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter