jatimnow.com

Ekskavasi Candi Keboireng Pasuruan Temukan Relief Manusia Hingga Hewan

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Moch Rois
Ekskavasi Candi Keboireng di Dusun Keboireng, Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan 🔍
Ekskavasi Candi Keboireng di Dusun Keboireng, Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan

jatimnow.com - Balai Pecelitian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan menyebut jika bangunan reruntuhan Candi Keboireng adalah bekas candi yang megah.

"Terbaru, hasil ekskavasi ini kita menemukan relief-relief baru yang menyerupai wajah manusia, tubuh perempuan dan angsa. Serta relief lain yang menggambarkan model struktur bangunan candi. Berarti ini cukup kaya dan megah begitu," jelas Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho, Sabtu (14/3/2020).

Ia menjelaskan, keberadaan relief pada candi memiliki 2 fungsi. Selain fungsi penghias candi, relief-relief tersebut juga memiliki fungsi informasi yang akan disampaikan.

Loading...

Meski kondisi bangunan Candi Keboireng sudah runtuh pada bagian tubuh dan atapnya, namun berdasarkan temuan-temuan relief dari hasil ekskavasi tersebut, para Arkeolog BPCB Trowulan beranggapan jika Candi Keboireng adalah bangunan candi yang megah.

"Kita bisa membayangkan dan memperkirakan, bahwa dulu Candi Keboireng di bagian tubuhnya banyak memuat relief disekelilingnya," ucapnya.

Ia berharap, relief-relief yang akan ditemukan lagi nantinya bisa membentuk sebuah susunan cerita agar bisa diinterpretasikan tentang informasi Candi Keboireng. Baik dari sisi kesejarahan, atau pesan-pesan yang terkandung dari reruntuhan relief tersebut.

"Sejauh ini, masih belum bisa disimpulkan pesan apa yang tersampaikan dari temuan relief-relief ini," pungkasnya.

Candi Keboireng yang beradab di Dusun Keboireng, Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan dlakukan ekskavasi setelah ditemukan kepala kala di candi tersebut.