Takmir Masjid di Gresik Dipastikan Tewas Dibunuh, 1 Pelaku Ditangkap

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Pelaku yang ditangkap Polres Gresik

jatimnow.com - Misteri tewasnya Askuri (76), seorang takmir masjid di Desa Serah, Kecamatan Panceng, Gresik terkuak.

Polisi menangkap tersangka tunggal yakni M. Masudi Hidayatullah (24) alias Dayat yang tidak lain merupakan anak tiri korban.

Baca juga: 

Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitriyanto mengatakan pelaku yang merupakan residivis kasus pencurian sepeda motor yang mendapat program asimilasi sejak 13 Mei lalu itu merasa sakit hati kepada korban yang dinilai kurang memperhatikan ibunya.

"KIta amankan satu orang yang merupakan anak tiri korban. Kami juga telah melakukan pembongkaran makam korban untuk kepentingan autopsi pada Senin 20 Juli kemarin," kata Arief Fitriyanto, Rabu (22/7/2020).

Dari keterangan warga, polisi mendapat informasi bahwa saat kejadian pada hari Minggu (5/7) malam, pelaku diketahui berada di rumah korban dengan mengendarai sepeda motor bernopol W 6508 BA.

Dan pada keesokan harinya, korban ditemukan meninggal dengan luka memar di pelipis kanan dan terdapat ceceran darah di kepala dan tubuh korban.

Dari hasil autopsi yang dilakukan oleh tim Disaster Victim Investigation (DIV) Polda Jatim ada dugaan bahwa pada jenazah Askuri terdapat tanda-tanda bekas penganiayaan.

"Ada bekas luka, dan kasus ini masih dalam penyidikan lebih lanjut kami," ujarnya.

Dayat dijerat pasal berlapis yakni pasal 351 KUHP ayat 3 dan Pasal 338 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal 15 tahun penjara.

Pelaku mengaku jika awalnya mendatangi korban (ayah tirinya) karena ingin menanyakan jika bapaknya kurang memperhatikan bahkan menyia-nyiakan ibunya. Terlebih saat pelaku menjalani hukuman di Rumah Tahanan Banjarsari, Cerme, Gresik.

"Saya tanya baik-baik tapi dijawab dengan marah-marah. Saya hanya mendorong tubuhnya (korban) dan terjatuh, setelah itu saya tinggal pergi keluar," kata pelaku di Mapolres Gresik.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter