Mantan Napi Gondol 8 Springbed Milik Rumdin Taman Nasional Alas Purwo

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Barang bukti springbed yang disita petugas.

jatimnow.com - Rumah dinas (Rumdin) Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) di perbatasan Desa Kedungasri dan Desa Kalipahit, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, dibobol maling.

Tak tanggung-tanggung, 8 dari 25 unit springbed ukuran 100x200 sentimer yang ditaruh di salah satu ruangan hilang dari tempatnya.

Peristiwa itu terjadi pada 7 Februari 2018, lalu. Sedianya, puluhan springbed baru tersebut akan dipakai untuk kebutuhan penginapan di pantai Trianggulasi yang dikelola TNAP.

Kerja keras pihak kepolisian setempat selama 3 bulan terakhir, akhirnya berhasil mengungkap siapa pelakunya.

"Kita amankan satu pelaku atas nama Sutamat (45), warga Dusun Pondokasem Desa Kedungasri, Tegaldlimo. Kita tangkap di rumahnya, kemarin. Dia mantan narapidana kasus pencurian kayu jati," jelas Kanit Reskrim Polsek Tegaldlimo, Ipda Wignyo Asmoro, kepada jatimnow.com, Rabu (16/5/2018).

Dari pengakuan pelaku, dia mengetahui adanya tumpukan springbed disalah satu ruangan rumah dinas STPN Wilayah II TNAP, saat mencari rumput di sekitar lokasi. Pada saat itu, terbesit pikiran jahat di kepalanya. Dia pun mulai memeriksa jendela dan yang salah satunya tidak terkunci.

"Malam harinya dia menyelinap dan masuk melalui jendela yang tidak terkunci dan keluar melalui pintu belakang. Dicurinya springbed itu secara bertahap sampai 8 unit. Dipikul sendirian melalui hutan yang tembus belakang rumahnya," tambahnya.

Keesokan harinya, petugas TNAP yang hendak mengambil springbed untuk dipindahkan ke penginapan Trianggulasi merasa curiga. Karena ada sesuatu yang janggal, akhirnya jumlah springbed dihitung ulang. Dan ternyata jumlah springbed  yang semula 25 hanya bersisa 17 unit saja.

"Kerugian mencapai Rp 16 juta. Oleh pelaku, 2 dari 8 springbed yang dicuri dikirimkan ke anaknya di Desa Sumbersewu Kecamatan Muncar. Sisanya ada di rumahnya," pungkasnya.

Reporter: Irul Hamdani

Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter