KPAI: 7 Anak Pelaku Terduga Teroris Harus Direhabilitasi Komprehensif


Anak Bomber saat dirawat di RS Bhayangkara Polda Jatim.

jatimnow.com - Ada tujuh (7) anak dari keluarga pelaku terduga teroris sedang mendapatkan perawatan di komplek Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim.

Komisi Perlindungan Anak dan Ibu (KPAI) Republik Indonesia, melakukan kunjungan terkait pengawasan kasus pelibatan anak dalam aksi terorisme di Jawa Timur.

Ketua KPAI Susanto bertemu dengan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, beberapa pejabat utama Polda Jatim, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemprov Jatim, serta LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban), pada Rabu (16/5/2018).

Kemudian berkunjung ke tempat perawatan 7 anak dari terduga pelaku teror di Jawa Timur, di area Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim.

"Terdapat 7 anak yang sedang mendapatkan perawatan. Secara fisik, ketujuh anak-anak tersebut sudah membaik," kata Susanto melalui siaran pers yang diterima jatimnow.com, Rabu malam.

Meski kondisinya membaik, namun kata Susanto, anak-anak tersebut masih diperlukan asesment psikologis.

"Assesment psikologis untuk memastikan intervensi rehab selanjutnya," terangnya.

Melihat riwayat kondisi 7 anak tersebut, diperlukan rehabilitasi secara komprehensif, bukan hanya medis, sosial dan psikologis.

"Namun, juga diperlukan sentuhan-sentuhan pemahaman keagamaan yang tepat," tuturnya.

Pihaknya juga berharap, jika ada potensi infiltarasi radikalisme dari pola pengasuhan sebelumnya yang dilakukan oleh terduga pelaku.

"Tentu harus dihilangkan, agar ke depan anak-anak memiliki pemahaman keagamaan dan kebangsaan yang tepat," jelasnya. 

 

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter