Pandemi Covid-19

Kemendikbud Imbau Tak Ada Perkuliahan, Ini Respon UWKS

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Kepala Humas dan BAK UWKS Andi Aruji saat memantau acara penerimaan mahasiswa baru secara daring

jatimnow.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengimbau kepada perguruan tinggi untuk tidak melakukan kegiatan belajar di kampus.

Dalam surat berkop Kemendikbud Dirjen Dikti Nomor 825/E.E2/KM/2020 perihal, Pelaksanaan Kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) tahun 2020, tertanggal 28 Agustus disampaikan kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi untuk menampilkan video sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di perguruan tinggi masing-masing.

"Kami sudah menerima surat dari Kemendikbud. Kami akan mematuhinya," ujar Kepala Humas dan Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), Andi Aruji, Senin (31/8/2020).

Andi mengatakan, kampus UWKS telah menerima surat tersebut. Namun, upacara penerimaan mahasiswa baru tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, serta mahasiswa baru yang mengikuti upacara jumlahnya sangat terbatas.

"Mahasiswa baru di UWKS ada lebih dari 600. Tapi yang ikut upacara hanya 200 mahasiswa baru saja. Dan kegiatan upacara penerimaan mahasiswa baru ini hanya sehari saja," tuturnya.

"Kalau mahasiswa baru yang dari luar kota Surabaya, yang dari luar provinsi, tetap mengikuti kegiatan penerimaan mahasiswa baru secara daring," tambah Andi.

Orang tua menyerahkan anaknya untuk diterima sebagai mahasiswa baru ke Rektor UWKS

Ia menerangkan, UWKS melaksanakan kegiatan upacara penerimaan mahasiswa baru ini juga sudah berkoordinasi dengan Polsek Dukuh Pakis. Persiapan acara hari ini juga sudah dilakukan selama seminggu lebih. Sedangkan surat dari Kemendikbud baru datang pada beberapa hari lalu.

"Kapasitas gedung bisa menampung 2.000 orang lebih. Sesuai kebijakan hanya boleh diisi separuh dari kapasitas. Tapi yang kita undang mahasiswa baru hanya 200 orang saja," ujarnya.

Andi menegaskan, tidak ada masa orientasi pada mahasiswa baru seperti era sebelum Pandemi Covid-19. UWKS tetap untuk mengikuti arahan sesuai surat dari Kemendikbud.

Hanya prosesi upacara penerimaan mahasiswa baru seperti penyerahan mahasiswa dari orang tua ke Rektor UWKS.

Dalam penyerahan tersebut, Rektor UWKS Prof H Sri Harmadji, dr Sp.THT-KL(K) menyampaikan, menerima anak untuk menjadi mahasiswa dan dididik menjadi sarjana yang Anggung WimUpacara penerimaan mahasiswa baru dibatasi jumlahnya, karena mengikuti protokol kesehatan Covid-19bu Linuwih, artinya selalu tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik.

Kemudian, dengan tetap menerapkan protokol Covid-19, mahasiswa baru menerima materi pengenalan jati diri ke-Wijayakusuma-an. Materi ketiga tentang kebangsaan dan toleransi. Sedangkan materi keempat yakni upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Selama semester ganjil ini, mulai dari September sampai Januari perkuliahan secara daring. Bagaimana untuk semester genap, kita menunggu kabar selanjutnya dari Kemendikbud Dirjen Dikti," jelas Andi.

Upacara penerimaan mahasiswa baru dibatasi jumlahnya, karena mengikuti protokol kesehatan Covid-19

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter