Perjalanan hingga Dirobohkannya Rumah di Ponorogo

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Rumah di Ponorogo yang dirobohkan

jatimnow.com - Sebuah rumah di Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo dirobohkan paksa oleh Kalam, lantaran Kasemi, ibu kandungnya tak kunjung melunasi uang pengganti pembangunan rumah tersebut.

Ternyata sebelum pembongkaran dilakukan, Pemerintah Desa Tumpuk sudah melakukan mediasi tiga kali. Dalam mediasi itu dipertemukan Kalam, Kasemi dan keluarga besarnya.

Kepala Desa (Kades) Tumpuk, Imam Sulardi mengatakan, para pihak yang bersengketa dimediasi di kantor desa. Namun, mediasi yang digelar tiga kali itu ternyata tidak membuahkan hasil.

"Sudah kita mediasi hingga tiga kali," ujar Imam, Selasa (22/9/2020).

Baca juga:  Viral Anak di Ponorogo Robohkan Rumah yang Bakal Ditempati Ibunya

Menurut Imam, karena tidak ada titik temu, rumah yang dipermasalahkan itu akhirnya dirobohkan oleh Kalam. Rumah itu memang dibangu oleh Kalam dan istrinya. Namun tanah tempat rumah itu dibangun adalah milik keluarga besarnya.

"Keluarga besar tidak mengizinkan tanah itu diatasnamakan Pak Kalam. Akhirnya Pak Kalam ikut istrinya pulang ke Trenggalek sejak empat tahun lalu," terang Imam.

Imam menyebut bahwa rumah itu sempat mau dijual oleh Kalam. Karena hanya bangunan rumahnya saja, akhirnya tidak kunjung laku.

Dan sebenarnya, Kasemi sudah mau menyerahkan tanah itu ke Kalam, dengan catatan Kalam pulang ke Ponorogo. Sedangkan Kalam sudah punya rumah di Trenggalek.

"Pak Kalam tidak mau, akhirnya dibongkar saja. Saya sudah memediasi supaya tidak dibongkar, tapi ya itu haknya Pak Kalam," tandas Imam.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter