Lima Bulan, Imigrasi Kelas 1 Surabaya Deportasi 22 WNA

Editor: Arif Ardianto Narendra Bakrie / Reporter:

Rapat Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing Kota Surabaya di Hotel Bumi.

jatimnow.com - Dalam rentang waktu Januari hingga pertengahan Mei 2018, Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya mendeportasi 22 WNA (warga negara asing). Jumlah itu masuk dalam total 27 WNA yang diamankan dan ditindak. 

"Dari 27 itu, 22 kita deportasi, 5 lainnya kita blokir karena sudah incraht dan kita ajukan pro justisia," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya, M Tarmin Satiawan di sela Rapat Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing Kota Surabaya di Hotel Bumi, Rabu (23/5/2018). 

Menurut Tarmin, 27 WNA itu terjaring Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kota Surabaya yang melakukan operasi rutin lima kali dalam sepekan.

"Timpora ini, sejak 2017 sudah terbentuk di tingkat kecamatan yang melibatkan unsur Imigrasi, Kecamatan, Koramil, Polsek dan Kesbangpol," ujarnya.

Dari 27 WNA yang terjaring operasi, paling dominan berasal dari Chine (RRC). Sedangkan lainnya berasal dari Taiwan, Jerman, Singapura, Timor Leste, Malaysia, Thailand, Brasil, Korea Selatan hingga India. Mereka diamankan dengan sejumlah pelanggaran keimigrasian. 

"Mereka rata-rata terlibat pelanggaran berupa penyalahgunaan izin tinggal dan over stay," tegasnya. 

Tarmin menambahkan, Timpora juga mempunyai tantangan untuk melakukan pengawasan terhadap TKA (tenaga kerja asing) ilegal.

Selain itu, narkoba, human trafficking, penyelundupan manusia, masuknya paham-paham asing yang tidak sesuai dengan ideologi NKRI serta terorisme.

 

Reporter: Narendra Bakrie

Editor: Arif Ardianto

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter