Tolak Balak, Suku Osing di Banyuwangi Mandikan Sepasang Seblang

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Rony Subhan

Tradisi Serabi Sewu di Banyuwangi

jatimnow.com - Suku Osing di Banyuwangi menggelar tradisi Serabi Sewu lan Madhyang Kerawu Cukulan di Dukuh Kelembon, Desa Singonegaran, Kecamatan Kota, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (25/10).

Bersama para tokoh adat, tradisi yang diselengarakan setiap setahun sekali itu berlangsung di lokasi makam Ki Buyut Kalijiwo dan Ki Buyut Jangkung Saridin.

Diawali kirab mengiringi seblang (anak yang masih belum nikah) laki-laki dan perempuan berkeliling kampung dengan membawa sesajen serta makanan berupa serabi sewu dan pecel pitik juga kerawu cukulan.

Setelah keliling kampung, rombongan melanjutkan ritual dengan berdoa bersama.

Tokoh adat Kalembuan, Budi Supriyanto mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih karena kegiatan dapat terlaksana di tengah pandemi Corona.

Menurutnya, tradisi itu digelar untuk menolak balak dari berbagai penyakit dan bencana sehingga masyarakat dapat terhindar dari semua bencana.

"Mudah-mudahan masyarakat terhindar dari penyakit dan bencana terutama Pandemi Covid-19 segera hilang," katanya, Senin (26/10/2020).

Di akhir acara, seblang laki - laki dan perempuan dimandikan di sumber mata air Kelembon dekat lokasi makam.

Seblang pertama kali disebut oleh Ki Buyut Jangkung Saridin. Arti Seblang sendiri bagi suku Osing adalah 'Sebele Ilang' (sengkala/balak cepatlah hilang).

Acara berakhir saat seblang lanang masuk ke sumber mata air Kelembon yang juga merupakan tempat membersihkan diri bagi warga Desa Singonegaran.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter