Jembatan Kedungasem akan Diperbaiki, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin

jatimnow.com - Proyek pembangunan Jembatan Kedungasem yang menghubungkan Probolinggo dengan Kabupaten Lumajang akan dilaksanakan pada 20 Februari nanti.

Kanit Laka Satlantas Polres Probolinggo, Iptu I Nyoman Harayasa mengatakan saat proyek jembatan itu dikerjakan maka arus lalu lintas ditutup total dan kendaraan akan dialihkan ke jalur alternatif.

Baca juga:  

"Berdasarkan hasil rapat dengan sejumlah instansi terkait, direncanakan penutupan akan dimulai Senin (8/2) depan," kata Iptu I Nyoman Harayasa, Jum'at (5/2/2021).

Nantinya, jalur kendaran kecil dan sedang yang bertujuan ke Lumajang- Jember dari jalur utara akan dialihkan ke jalur Jalan Raya Ronggojalu atau pertigaan sinto ke selatan. Begitu juga dengan arus kendaraan dari selatan bisa melintasi jalur tersebut dengan tujuan Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi.

"Namun jika kendaraan berat yang melintas di Jalan Raya Dringu arah timur akan dialihkan ke Jalur Lingkar Utara Kota Probolinggo," papar dia.

Ditegaskannya, selama masa pembangunan Jembatan Kedungadem maka dua jalur akan ditutup total hingga proyek tersebut selesai dibangun.

"Pengguna jalan dalam masa pembangunan diharapkan bisa mencari jalur alternatif yang sudah diarahkan oleh petugas nantinya," ujar dia.

Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian PUPR Balai Besar Jalan Nasional Wilayah VII, Ida Bagus Putu Jaladi membenarkan jika proyek pembangunan jembatan tersebut akan segera dimulai.

"Dalam proses pembangunan jalur kendaraan akan ditutup, termasuk soal proses pemindahan pipa PDAM yang ada di bawah jembatan sebesar 8 dim juga diupayakan. Kami sudah berkoordinasi dengan semua instansi yang ada," katanya.

Kontraktor pengerjaan pembangunan jembatan, General Manajer PT Feva, Agus Heri Istanto mengatakan pengerjaan proyek itu terhitung sejak 26 November 2020 lalu.

"Karena ada beberapa hal yang menjadi kendala tersebut yakni soal pemindahan pipa PDAM yang ada di jembatan tersebut , ini butuh proses dan koordinasi dengan antar intansi," katanya.

Sesuai perencanaan, pembangunan jembatan baru tersebut memiliki lebar 14,20 meter x 25,80 meter.

Loading...

"Jadi selama seminggu kedepannya akan dilakukan sosialisasi termasuk uji coba penutupan dan pengalihan arus lalu lintas pada Senin depan," ujarnya.

Jembatan Kedungasem yang berada di Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo itu ambrol pada penyangganya pada 2 Mei 2020 lalu. Hingga kini, dilakukan pemasangan jembatan bailey sementara yang dipasang beberapa bulan lalu agar pengguna jalan dapat melintasinya.

Berita Terkait