jatimnow.com

Curi HP dan Uang Temannya, Pria ini Dihajar Massa di Surabaya

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Zain Ahmad
🔍

jatimnow.com - Aksi pencurian handphone dan uang di sebuah rumah di Jalan Babadan Rukun VI, Surabaya digagalkan.

Korban yang memergoki aksi pelaku meneriakinya maling. Pelaku yang terkepung kemudian dihajar hingga babak belur.

Kanitreskrim Polsek Krembangan, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Iptu Evan Andias mengatakan korban bernama Elfin (47) dan Marjuki (58), yang merupakan adik kakak.

Loading...

Sementara tersangka bernama Abdul Karim (46), warga Jalan Kapas Madya, Surabaya.

"Hp dan uang korban itu dicuri pelaku saat ditinggal keluar rumah. Pintunya lupa dikunci dan ditutup," terang Evan, Senin (22/3/2021).

Setelah mencuri, pelaku keluar melarikan diri. Di saat bersamaan, korban yang pulang ke rumah mengetahui aksi pelaku.

"Tersangka ini kemudian diteriaki maling. Kemudian warga yang mendengar langsung mengepung. Hingga terjadilah aksi main hakim sendiri. Kejadiannya waktu itu juga siang hari, banyak orang. Kebetulan ada anggota yang sedang patroli. Pelaku langsung dievakuasi dari amuk massa," tambah Evan.

Sementara itu, tersangka Abdul Karim saat diperiksa mengaku sudah lama mengincar handphone korban. Dalihnya, ingin punya handphone. Tersangka mengakui mengenal korban dan tahu seluk beluk rumah korban.

"Antara korban dan tersangka ini saling kenal. Tersangka juga kerap ke rumah korban. Jadi tahu kebiasaan korban," tandas Evan.

Dari kasus ini, penyidik menyita satu handphone dan dompet berisi uang Rp 121 ribu. Tersangka dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian.