jatimnow.com

Sabu di Kardus Paket Ekspedisi ke Rutan Ponorogo, Polisi: Kiriman dari Surabaya

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Mita Kusuma
🔍

jatimnow.com - Penyelundupan narkotika ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Ponorogo yang disembunyikan di sela-sela kardus dan dikirimkan melalui paket ekspedisi itu memliki berat 2,78 gram sabu.

"Sudah kami pastikan ke Polda. Total ada 2.78 gram sabu yang diselundupkan itu senilai kurang lebih Rp 3 juta. Satu gram Rp 1 juta," ujar Kasat Narkoba Polres Ponorogo, AKP Denny Fachrudianto, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Kiriman Sabu di Sela-sela Kardus Paket Ekspedisi ke Rutan Ponorogo Digagalkan

Selain itu, dari hasil urine narapidana (napi) yang dilayar dari Rutan Medaeng, FK itu juga menunjukkan positif narkoba.

Loading...

"Hasil urine FK positif," kata mantan Kapolsek Pulung itu.

Kepada polisi, FK mengaku sabu itu merupakan pesanannya kepada seorang temannya yang ada di Kota Pahlawan.

Ia memesan sewaktu menelepon menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Rutan Kelas II B Ponorogo.

"Di Rutan Ponorogo ada semacam wartel. Nah, pelaku memesan ke temannya seorang pria yang ada di Surabaya. Kami berkoordinasi untuk mengungkap temannya itu," jelasnya.

Ia melanjutkan, pihaknya telah melakukan penggeledahan di blok yang dihuni oleh FK. Sebab, pengakuan FK hendak digunakan sendiri. Sayangnya tidak ditemukan alat maupun barang bukti lain.

Fk merupakan napi layaran dari Rutan Surabaya karena terjerat kasus narkoba. Vonisnya 4 tahun dan kini telah menjalani hukuman 2 tahun.

"FK dijerat dengan Pasal 112, 114 UU Nomor 35 ancaman hukuman 12 tahun penjara," pungkas Deni.