Pedagang PIOS Maksimalkan Serap Pepaya Thailand dari Petani saat Panen Raya

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Buah Pepaya Thailand yang melimpah di PIOS

jatimnow.com - Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) menjadi solusi bagi para petani di Jawa Timur. Tidak terkecuali petani asal Lumajang yang dikenal sebagai pemasok utama pepaya di pasar yang berada di Kecamatan Benowo itu.

Hampir tiap hari truk pengangkut pepaya berkapasitas 7 ton keluar masuk ke PIOS karena para petani di Lumajang sedang panen raya.

"Kalau musim panen raya memang seperti ini, setiap hari ada kiriman dalam jumlah banyak," kata salah satu pedagang pepaya di blok G PIOS, Yuli kepada jatimnow.com, Rabu (16/6/2021).

Pedagang asli Malang itu mengatakan jika musim panen raya seperti sekarang kendaraan yang masuk membawa pepaya kebanyakan adalah truk.

Pepaya yang dikirim para petani Lumajang ini merupakan jenis pepaya Thailand yang memilki karakter lonjong dengan garisnya berwarna oranye.

Di dalam kandungan pepaya terdapat vitamin A yang baik untuk kesehatan mata serta vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses pemulihan.

Pepaya Thailand seperti ini menurut Yuli cukup digemari masyarakat. Pedagang di PIOS berusaha menyerap hasil panen raya pepaya Thailand dari petani asal Lumajang.

"Pepaya jenis ini laris manis. Untuk kiriman satu truk paling 2 hari sudah habis," bebernya.

Menurutnya, saat panen raya, harga pepaya memang tidak terlalu mahal yakni dikisaran Rp 3,7 ribu per kilogram. Harga tersebut akan mulai merangkak seiring berkurangnya pasokan dari petani.

"Saat stok mulai menipis wajar jika harga jadi naik. Harga per kilogram sampai Rp 5 ribu lebih jika tidak musim panen raya," tandasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter