jatimnow.com
Ikan-ikan di Waduk Selorejo Malang Mati, Warga Geger

Penampakan ikan-ikan yang Waduk Selorejo Malang yang mati

jatimnow.com - Ribuan ikan mati dan mengapung di Waduk Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang membuat warga setempat geger. Sebab peristiwa itu baru pertama kali terjadi.

Salah satu warga, Yanto menyebut bahwa kejadian yang sempat divideokan oleh para pemancing itu terjadi pada Selasa (6/7/2021). Video itu juga viral setelah tersebar di sejumlah WhatsApp Grup.

"Perkiraan Selasa sampai Rabu, tiba-tiba banyak ikan mabuk seperti keracunan lalu mati. Kami juga heran. Ini merupakan yang pertama kali terjadi di sini," jelas pria yang berprofesi sebagai penyewa perahu di Waduk Selorejo ini, Jumat (9/7/2021).

Salah satu pemancing, Ari menjelaskan mendapat video tersebut dari WhatsApp para pemancing yang ia ikuti. Mengetahui hal itu, Ali mencoba mengonfirmasi kebenarannya.

"Ternyata benar. Tapi para pemancing kebingungan penyebab pastinya. Padahal para pemancing selalu menggunakan umpan lumut di waduk. Rata-rata yang mati jenis ikan mujair," bebernya.

Sementara Direktur Utama Perusahaan Umum Jasa Tirta (PJT) 1, Raymond Valiant Ruritan mengatakan bila kejadian ini merupakan kekhawatiranya selama ini, karena terjadi penurunan kualitas air.

"Dugaan kuat akibat adanya limbah pertanian atau ternak. Limbah itu masuk ke waduk saat hujan turun sehingga terjadi pencemaran," jelasnya.

Menurut Raymond, air yang membawa limbah juga menyebabkan cepatnya pertumbuhan enceng gondok dan akhirnya kadar oksigen air turun drastis. Karena itulah ikan mabuk hingga mati.

Loading...

"Tapi prediksi kuat kami ya karena pencemaran. Secepatnya petugas akan langsung meneliti penyebab pastinya," tandasnya.

Berita Terkait