Candi Tawangalun, Peninggalan Kerajaan Majapahit Kondisinya Kini Memprihatinkan

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Achmad Supriyadi

jatimnow.com - Candi Tawangalun yang berada di Desa Buncitan, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo kondisinya memprihatinkan.

Sisi barat candi tersebut ambruk bahkan batu bata kuno berserakan hingga dinding harus ditahan memakai kayu agar pondasi tidak ambrol.

Juru kunci Candi Tawangalun, Ahmad Saiful Munir mengatakan ambruknya sebagian atau sisi barat candi tersebut pada Minggu (12/9) setelah kawasan tersebut turun hujan deras.

"Saya tahunya pas pagi hari. Hujan pertama belum ada kerusakan. Baru setelah hujan kedua ambruk," kata Saiful, Selasa (14/9/2021).

Ia menduga, ambruknya sebagian candi yang juga dikenal dengan Candi Sumur Windu itu disebabkan karena ada masalah struktur pondasi. Ketika musim kemarau, tanah di sekitar candi mengalami retak.

Candi Tawangalun merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit di Kabupaten Sidoarjo dan berada di atas bukit atau tepat di belakang area Akademi Perikanan Sidoarjo.

Saiful juga mengaku jika Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur telah mendatangi lokasi.

"Pihak BPCB juga sudah menyempatkan ke lokasi. Kami berharap ada langkah cepat dari pihak terkait. Agar kerusakan tidak makin parah," harapnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter