jatimnow.com
Khofifah Minta Guru Upgrade Kemampuan Mendidik dengan Memanfaatkan Teknologi

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau uji coba pembelajaran tatap muka di salah satu sekolah (Foto: Dok. jatimnow.com)

Jawa Timur - Di momen Hari Guru Nasional 2021 ini, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mendorong para guru untuk terus berinovasi dan upgrade kemampuan mendidik dengan memanfaatkan teknologi.

"Yang dihadapi saat ini adalah generasi alfa, generasi yang sejak lahir sudah hidup di dunia dengan perkembangan teknologi yang pesat. Bahkan sejak masih dalam kandungan," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Kamis (25/11/2021).

Khofifah mengatakan, Pandemi Covid-19 telah menciptakan generasi digital, karena sistem pembelajaran selama dua tahun yang berlangsung tanpa tatap muka. Sehingga guru dituntut untuk lebih menguasai teknologi.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Selama pandemi, guru juga dituntut untuk memiliki komunikasi yang baik, membuat materi ajar dan presentasi yang menarik agar mudah dipahami oleh peserta didik.

"Tidak bisa pola-pola jadul diterapkan saat ini. Gap ini jika tidak bisa dijembatani dengan baik, maka dampaknya besar terhadap generasi Indonesia ke depan," tambah dia.

Di sisi lain, pihaknya melalui Dinas Pendidikan Jatim juga akan menyiapkan wadah untuk meningkatkan kemampuan diri, agar generasi bangsa tetap memiliki potensi saing di tengah era digitalisasi.

"Pemprov melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan berusaha terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas serta kompetensi guru agar tidak gaptek, agar paham apa itu artificial intelegent, big data, technology native dan lainnya. Saya mohon jangan malas untuk mengupgrade diri. Ini pekerjaan rumah yang tidak bisa dianggap sepele," tandasnya.

Loading...

Berita Terkait