jatimnow.com

Dalam Empat Hari Jember Diguncang 2 Kali Gempa Bumi

Editor : Arina Pramudita Reporter : Jajeli Rois
Dampak gempa di Jember yang dirasakan di sejumlah wilayah. (Foto: Nursih for jatimnow.com) 🔍
Dampak gempa di Jember yang dirasakan di sejumlah wilayah. (Foto: Nursih for jatimnow.com)

Jember - Kurang dari sepekan warga Kabupaten Jember diguncang dua kali gempa. Guncangan pertama pada 13 Desember 2021 dan hari ini pukul 06.01 WIB.

"Kurang dari seminggu, sudah dua kali lindu (gempa)," ujar Abdul Kholik, warga Puger Kabupaten Jember kepada jatimnow.com melalui telepon, Kamis (16/12/2021).

Baca juga:

Loading...

Berdasarkan situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bmkg.go.id, gempa di wilayah Kabupaten Jember yang terjadi Senin (13/12/2021) pukul 12.46 WIB berkekuatan 5.3 Magnitudo, berpusat di 179 KM Tenggara Kabupaten Jember. Kedalaman gempa 10 KM dan terletak di 9.81 Lintang Selatan dan 113.67 Bujur Timur.

Sedangkan gempa kedua pada Kamis (16/12/2021) pukul 06.01 WIB, berkekuatan 5.1 Magnitudo. Pusat gempa berada di laut 42 kilometer Barat Daya Jember. Kedalaman gempa 10 kilometer dan terletak di 8.55 Lintang Selatan dan 113.49 Bujur Timur.

Meski lebih kecil dari gempa sebelumnya, masih menurut Abdul Kholik, dampak guncangan gempa harini dirasakannya lebih kencang.

"Guncangannya lebih terasa yang hari ini. Padahal yang Senin kemarin katanya lebih besar gempa 5.3 M," tuturnya.

Kholik yang sehari-hari bekerja sebagai ASN di Kementerian Agama di Kabupaten Jember ini menyebut, gempa tadi pagi dirasakannya sekitar 15-20 detik.

"Pagi tadi mau mengantarkan keponakan ke sekolah. Kemudian terasa goyang-goyang. Saya keluar rumah, dan di luar banyak warga yang juga keluar dari rumah," tuturnya.

Kholik bersyukur, rumahnya maupun rumah kerabat serta tetangga di kampung halamannya tidak mengalami kerusakan pada rumah.

"Alhamdulillah keluarga aman dan tidak ada kerusakan rumah," terangnya.

Sementara itu, Erfan, warga Sumbersari Jember juga merasakan gempa. Saat itu, ia merasa ada guncangan. Ia bersyukur rumahnya tidak mengalami kerusakan.

"Terasa juga gempanya. Alhamdulillah aman semua dan tidak ada kerusakan rumah," kata Erfan.

Loading...