Pixel Code jatimnow.com

Belasan Batang Kayu Jati Tak Bertuan Ditemukan di Siliragung, Banyuwangi

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Rony Subhan
Kayu jati tak bertuan yang ditemukan di Siliragung, Banyuwangi disita Perhutani
Kayu jati tak bertuan yang ditemukan di Siliragung, Banyuwangi disita Perhutani

Banyuwangi - Petugas Perhutani merazia lahan kosong tempat penimbunan kayu jati tanpa dokumen alias ilegal di Dusun Seneposari, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi.

Petugas bergerak setelah mendapat laporan warga. Diketahui kayu jati itu sengaja ditimbun di lahan kosong oleh pemiliknya sebelum dilansir ke pembeli.

Dalam operasi itu, Polisi Hutan Mobil (Polhutmob) mendapati 19 batang kayu jati yang diduga hasil pembalakan liar di kawasan hutan milik Perhutani KPH Senepo Utara, BKPH Pesanggaran, Banyuwangi Selatan.

Komandan Regu (Danru) Polhutmob, Hadi Siswoyo menjelaskan, kayu-kayu jati ilegal yang memiliki ukuran berbeda-beda itu kini telah disita dan dititipkan di Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Ringintelu milik Perhutani Banyuwangi Selatan..

Baca juga:
Gudang Kayu Ilegal di Purwoharjo Banyuwangi Digrebek, Pemilik Kabur

"Setelah mendapat informasi dari warga kita bergerak ke lokasi. Ada 19 batang kayu jati berbeda ukuran. Kayu itu sengaja disembunyikan karena ditutup dengan pelepah kelapa dan daun pisang," terang Hadi, Kamis (10/2/2022).

Sementara Wakil Administratur (Waka Adm) Perhutani Banyuwangi Selatan, Muchlisin Sabarna membenarkan temuan kayu jati tersebut.

Baca juga:
Kayu Jati Ilegal Gagal Dikirim dari Banyuwangi ke Situbondo, Milik Siapa?

"Benar tadi pagi kita temukan 19 batang kayu jenis jati di lahan kosong milik warga. Kayu itu belum diketahui pemiliknya," ungkap dia.

Dalam operasi itu, Polhutmob dibantu petugas dari BKPH, RPH dan timsus keamanan KPH Banyuwangi Selatan serta anggota Unit reskrim Polsek Siliragung.