Gunung Agung di Bali Erupsi, Bandara Ngurah Rai Ditutup

Editor: / Reporter:

Pantauan citra satelit BMKG pukul 08.00 WIB untuk sebaran abu vulkanik Gunung Agung Bali.

jatimnow.com - Gunung Agung yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali dikabarkan kembali terjadi erupsi kemarin, Kamis (29/6/2018).

Hal itu dibenarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kabupaten Banyuwangi yang dikonfirmasi pagi tadi.

Prakirawan BMKG Banyuwangi Dita Purnamasari mengatakan, erupsi yang terjadi pada Gunung Agung Bali terjadi dan mengeluarkan abu vulkanik hingga di ketinggian 8.000 hingga 23.000 kaki.

"Sejak kemarin pukul 03.00 WITA tadi sudah close Bandara Ngurah Rai," ujarnya di kantor BMKG Banyuwangi, Jumat (29/6/2018).

Dia melanjutkan, pergerakan abu vulkanik dari Gunung Agung bergerak menuju arah barat daya dan masuk wilayah selatan, tengah, dan barat bagian Banyuwangi.

"Untuk sebarannya (di langit Banyuwangi, red) berada di ketinggian hingga 8.000 kaki atau sekitar 7 kilometer," katanya.

Meskipun demikian, kata Dita, belum dapat dipastikan kapan abu vulkanik dari Gunung Agung yang memiliki ketinggian 3.031 meter di atas permukaan laut (MDPL) itu turun atau terjadi hujan abu di wilayah Banyuwangi.

"Ada pengaruh kecepatan angin hujan abu apa enggaknya. Kalau pagi ini cuaca di Banyuwangi berawan dan untuk siang dan malam ada potensi (hujan disertai abu, red) hujan ringan hingga sedang," urai Dita.

Berdasarkan surat edaran resmi PT Angkasa Pura I menyatakan, seluruh kegiatan operasional kebandarudaraan dihentikan sejak pukul 03.00 sampai 19.00 WITA.

"Sehubungan dengan hal tersebut, semua operasional penerbangan baik datang dan berangkat dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dibatalkan sampai menunggu pemberitahuan berikutnya," tulis General Manager Angkasa Pura Airport, Yanus Suprayogi.

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Erwin Yohanes

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter