Pixel Code jatimnow.com

Jelang Pemilu 2024, Elektabilitas PKB Sidoarjo Naik Signifikan

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Zainul Fajar
Ketua DPC PKB Sidoarjo Subandi.(Foto: Humas PKB for jatimnow.com)
Ketua DPC PKB Sidoarjo Subandi.(Foto: Humas PKB for jatimnow.com)

Sidoarjo - Elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo naik signifikan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Partai yang dipimpin Wakil Bupati Sidoarjo Subandi tersebut menyalip Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Partai Gerindra.

Hal itu berdasarkan data Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI). "Elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo menjelang Pemilihan Umum 2024 meningkat signifikan. Meninggalkan beberapa partai besar lainnya seperti PDI Perjuangan dan Partai Gerindra serta Partai Golkar," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat dikonfirmasi terkait hasil survei oleh jurnalis, Sabtu (5/3/2022).

Elektabilitas PKB di Kabupaten Sidoarjo menempati peringkat teratas dengan 20,5 persen. Disusul PDIP 10,9 persen. Kemudian Partai Gerindra di peringkat tiga dengan 10,7 persen. "Diposisi keempat, Partai Golkar menempel dengan selisih presentase nol koma, yakni 10, 1 persen. Peringkat kelima PAN dengan 9,3 persen," jelasnya.

Banner Morula IVF Landscape

Menurut Baihaki, kenaikan elektabilitas PKB di Sidoarjo karena pemilih kalangan emak-emak solid terhadap Partai besutan Muhaimin Iskandar tersebut. Tak hanya itu, pemilih PKB di kalangan Nahdliyin di Sidoarjo juga masih mendominasi. "PKB di Sidoarjo, sedikit kurang di kalangan pemilih muda atau kalangan milenial. Partai Golkar, PDIP dan Gerindra saat ini yang banyak pemilih kalangan muda atau milenial," ungkap Baihaki.

Bila mengacu dari kenaikan elektabilitas PKB di Sidoarjo, memungkinkan di Pemilu 2024 nanti ada penambahan kursi di DPRD Sidoarjo. "Dilihat dari kenaikan elektabilitas, Pemilu 2024 kursi PKB di DPRD Sidoarjo bisa bertambah," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Sidoarjo H Subandi mengaku bersyukur atas hasil survei ARCI. Tren elektabilitas PKB di Sidoarjo terus membaik.

"Ini PKB konsisten naik. Artinya sesuai dengan apa yang selama ini PKB harapkan dan kerjakan. Seperti bahasanya Pak Muhaimin Iskandar, ketua umum kami, PKB harus mampu memberikan yang terbaik untuk Sidoarjo dan warga Nahdliyyin," katanya saat dikonfirmasi.

Hasil survei ARCI akan dijadikan bahan evaluasi. Saat ini strategi untuk Pemilu 2024 terus diupayakan agar PKB tetap menjadi partai pemenang di Sidoarjo. "Tentunya kami harapkan ada tambahan kursi bagi PKB di Pemilu 2024. Hal itu bukan tidak mungkin jika melihat Sidoarjo sebagai basis PKB dan hampir semua warga Nahdliyin," pungkasnya.

Survei ARCI terkait elektabilitas partai politik di Kabupaten Sidoarjo menjelang Pemilu 2024.

PKB: 20,5 Persen
PDIP: 10,9 Persen
Gerindra: 10,7 Persen
Golkar: 10,1 Persen
PAN: 9,3 Persen
PKS: 6,5 Persen
Partai NasDem: 4,2 Persen
Partai Demokrat: 3,8 Persen
Partai Gelora: 2,3 Persen
Perindo: 1,9 Persen
PPP: 1,2 Persen
Hanura: 1,1 Persen
Tidak menjawab/tidak tahu: 17,5 Persen

Loading...

Diketahui, Survei ARCI dilakukan pada 15-27 Januari 2022 di 18 kecamatan dengan jumlah responden proporsional. Survei menggunakan mutistage random sampling dengan 400 responden. Margin of error sebesar 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Loading...