Pixel Code jatimnow.com

Kiper Muda Tulungagung Dipanggil ke Timnas U-16

Editor : Arina Pramudita Reporter : Bramanta Pamungkas
Andhika Putra Setiawan saat berlatih. (Foto: dok Instagram @andhika_ps_)
Andhika Putra Setiawan saat berlatih. (Foto: dok Instagram @andhika_ps_)

Tulungagung - Putra terbaik Tulungagung, Andhika Putra Setiawan (16) dipanggil ikut pemusatan latihan bersam Timnas U-16. Pemain yang berposisi sebagai kiper ini sudah berada di Jakarta sejak awal bulan Maret ini bersama 33 pemain lainnya.

Di bawah tangan dingin pelatih Bima Sakti, para pemain disiapkan untuk bertanding di Piala AFF U-16 2022 dan kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Pemusatan latihan ini rencananya akan berlangsung hingga 12 Maret mendatang.

Keluarga Andhika yang berada di Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung tidak bisa menyembunyikan rasa bangganya. Ayahnya, Yoyok Setiawan, mengaku sangat terharu ketika mendengar kabar bahwa anaknya dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. Saat itu Andhika ditelepon langsung oleh pelatih kiper Timnas Indonesia U-16, Markus Horison.

Banner Morula IVF Landscape

"Tapi sama anak saya tidak diangkat karena sedang latihan, tak lama kemudian pengurus PSSI provinsi menghubungi dan meminta anak saya mengangkat telepon tersebut," ujarnya, Selasa (8/3/2022).

Andhika saat ini tercatat sebagai penjaga gawang di tim di Madura United U-16. Sejak kecil, siswa klas 10 SMAN Kauman ini rajin berlatih bersama sebuah SSB. Dengan tinggi mencapai 177 Cm dan berat badan 68 Kg, Andhika cocok untuk menjadi kiper.
"Sejak usia 7 tahun sudah bergabung dengan SSB, rajin berlatih dan tidak pernah absen saat latihan," tuturnya.

Dalam pemusatan latihan ini, Andhika akan bersaing dengan Seteven Alexander Gracia dan Yuniar Hanif Budhi untuk memperebutan posisi kiper nomer satu Garuda Muda. Yoyok berharap Andhika bisa bersaing dan mendapatkan tempat di Timnas U-16 ini.

"Semoga semuanya bisa dilancarkan dan Andhika dapat menembus Timnas U-16 serta mengharumkan nama Indonesia," pungkas pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang sound system ini.

Loading...
Loading...