Pixel Code jatimnow.com

Longsor di Bumiaji Sebabkan Kota Batu Krisis Air Bersih

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Perumdam Among Tirto Kota Batu mensuplai air bersih kepada para warga yang mengantri. (Foto: Bedong for Jatimnow.com)
Perumdam Among Tirto Kota Batu mensuplai air bersih kepada para warga yang mengantri. (Foto: Bedong for Jatimnow.com)

Batu - Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan longsor di kawasan Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Rabu (9/3/2022). Akibatnya sekitar 5 desa dan 3 kelurahan yang terdampak mengalami krisis air bersih.

Wilayah yang kesulitan mendapat air bersih antara lain, Desa Pendem, Desa Junrejo, Desa Mojorejo, Desa Oro-oro Ombo, dan sebagian kelurahan Temas, sebagian kelurahan Ngaglik, serta sebagian Kelurahan Sisir.

Kondisi ini dipicu material longsor menyebabkan 3 pipa air bersih mengalami kerusakan yakni 10 dim pipa ACV, 8 dim pipa PBC dan Pipa 12 dim PBC.

Banner Morula IVF Landscape

Direktur Perumdam Among Tirto, Edi Sunaedi mengatakan longsor merusak pipa saluran air bersih yang mengaliri wilayah-wilayah tersebut. Agar cepat terselesaikan pihaknya langsung memerintahkan petugasnya membenahi kerusakan.

"Petugas kita langsung melakukan pembenahan agar masyarakat cepat mendapat suplai air bersih secara normal. Tapi ada kendala dalam perbaikan yaitu lokasi pipa berada di kemiringan 25 derajat sehingga petugas cukup kesulitan," ujar Sokeh, sapaannya, Kamis (10/3/2022).

Dia menargetkan Sabtu (12/3/2022) perbaikan sudah selesai dan air bersih bisa dipergunakan kembali oleh masyarakat. Sementara untuk mensuplai air bersih, pihaknya bekerja sama dengan Perumdam Kota/Kabupaten Malang, dan tangki Damkar untuk melakukan pelayanan pemberian air terhadap masyarakat terdampak.

"Kita juga sudah menyebarkan setidaknya 40 tandon air untuk diakses masyarakat. Dari kejadian ini semoga Pemkot Batu bisa bekerja sama dan melakukan koordinasi dengan BPWS Jatim," tuturnya.

Alasannya daerah yang longsor merupakan plengsengan berada di kawasan Sungai Brantas yang menjadi wilayah BPWS Jatim.

Loading...

"Kerja sama itu untuk mengamankan dan memetakan wilayah rawan sehingga kejadian serupa bisa diminimalisir," tutupnya.

Loading...