Ikan Arapaima Kedua Ditemukan di Sungai Rolak Surabaya

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Warga menunjukkan ikan Arapaima hasil tangkapan di Sungai Rolak Surabaya

jatimnow.com - Ikan Arapaima Gigas kembali ditemukan warga dan nelayan di Sungai Rolak Gunungsari Surabaya pada Selasa (3/7/2018) malam.

LSM Lingkungan, Imam Rohani mengatakan penemuan ikan itu merupakan kedua kalinya ikan tersebut ditemukan di Surabaya oleh nelayan.

Nelayan yang menemukan ikan Arapaima, Imam Ismunanto menuturkan, ikan tersebut pertama kali ditemukan di tepian sungai Rolak yang berukuran lebih besar dari yang pertama kali ditangkap pada pagi hari tadi.

"Tadi waktu sedang mencari ikan dekan pintu air Rolag ada yang menemukan ikan besar, ternyata ikan Arapaima Gigas sekitar pukul 18.00 WIB, lalu kami tarik ke darat dan dibawa kesini sekitar pukul 19.00 WIB bersama warga," terang Imam, Selasa (3/7/2018).

Baca juga: Ikan Predator Arapaima Juga Ditemukan di Rolak Gunungsari Surabaya

Warga dan sejumlah pengendara yang melintas terlihat memadati area sekitar saat ikan tersebut di evakuasi. Bahkan, tak sedikit masyarakat yang mengabadikan momen itu menggunakan kamera smartphonenya.

Justru, ikan tersebut menjadi tontonan dan para warga yang membantu Imam menemukannya memperoleh rejeki dadakan. Bagaimana tidak, mereka terlihat menarik sumbangan sukarela bagi masyarakat yang ingin mengambil gambar maupun video.

Setelah mengevakuasi, Imam Rohani langsung menghubungi BKSDA Jatim dan instansi terkait.

"Kalau tadi dibawa ke karantina dalam keadaan hidup, Kalau ini sudah mati, lebih baik dipotong dan dibagi ke warga yang ingin merasakan dagingnya," tambahnya.

Senada dengan Imam Rohani, nelayan yang menemukan ikan Arapaima kedua, yakni Imam Ismunanto mengatakan ikan kedua itu berukuran dua meter dengan berat 40 sampai 50 kilogram itu ditemukan ditempat yang sama.

"Kalau pagi tadi panjangnya 1,5 dengan berat 30 kilogram, kalau kedua ini melebihi, sekitar 40 sampai 50 kilogram dengan panjang dua meter," pungkasnya.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter