Pixel Code jatimnow.com

Kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya, Di Sini Titik Munculnya Api Versi PMK

Editor : Arina Pramudita Reporter : Farizal Tito
Kebakaran terjadi di Tunjungan Plaza (TP) Surabaya (Foto: Farizal Tito/jatimnow.com)
Kebakaran terjadi di Tunjungan Plaza (TP) Surabaya (Foto: Farizal Tito/jatimnow.com)

Surabaya - Titik awal munculnya api yang mengakibatkan terbakarnya Mal Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, sudah ditemukan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Dedik Iriyanto menyebut, sumber api berasal dari tenant permainan anak-anak di lantai 4 TP 5.

"Sudah ketemu akhirnya, di permainan anak-anak di playground di lantai 4 di TP 5," kata Dedik, Kamis (14/4/2022).

Banner Morula IVF Landscape

Baca juga:

Dedik menyebut, api disebut muncul akibat korsleting listrik. Ditambah lagi yang terbakar adalah mainan anak-anak yang terbuat dari plastik.

"Karena di tempat mainan anak-anak enggak ada kompor, ya korslet pastinya. Material permainan anak-anak itu dari plastik dan mudah terbakar," jelasnya.

Ia menuturkan bahwa petugas sempat mengalami kesulitan untuk menemukan sumber api. Sebab asap yang hitam pekat memenuhi hampir setiap lantai di mall tengah kota tersebut, sehingga membatasi pandangan.

Apalagi, tenant lokasi permainan anak-anak itu juga sempat terhalang oleh pintu rolling dor yang tertutup.

"Asapnya hitam pekat. Sehingga sulit teman-teman itu masuk, jarak pandangnya satu meter dua meter itu enggak bisa," sebutnya.

Dedik juga menjelaskan mengapa api sampai dengan cepat menyebar ke lantai atas gedung atau tepatnya di bagian reklame. Diduga si jago merah menjalar lewat pipa shaft dan ducting.

"Ada namanya penghubung antar shaft, itu untuk kabel-kabl, pipa air, itu lost (sampai ke atas)," ucapnya.

Hingga pukul, 01.30 dini hari, kata Dedik, seluruh api di dalam gedung TP 5 telah dipastikan padam. Petugas hanya tinggal melakukan pembasahan sembari mengecek ulang.

Loading...

"Tidak ada (sisa api) sudah dipastikan enggak ada, api pokok padam 22.30 WIB. Tidak ada korban, Alhamdulillah kita syukuri," ucapnya.

Sementara itu sebanyak 30 Unit mobil pemadam dan 3 unit Bronto Skylift diterjunkan untuk memadamkan api yang membakar gedung Tunjungan Plaza 5, di Jalan Embong Malang, yang terjadi pada Rabu (13/4/2022) petang.

Loading...