Pixel Code jatimnow.com

Update Kebakaran TP 5 Surabaya, Ini Penyebab Utamanya Versi Tim Labfor

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Zain Ahmad
Dua unit Bronto Skylift yang diterjunkan untuk memadamkan api dalam kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya (Foto: Fajar Mujianto/jatimnow.com)
Dua unit Bronto Skylift yang diterjunkan untuk memadamkan api dalam kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya (Foto: Fajar Mujianto/jatimnow.com)

Surabaya - Penyelidikan kebakaran di Tunjungan Plaza (TP) 5 Surabaya terus dilakukan. Terbaru, kepolisian mengumumkan hasil dari Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya atau Polda Jatim.

Tim Labfor yang menyelidiki penyebab kabakaran menyebutkan, sumber api berasal dari akumulasi panas (Heat Accumulation) selama terjadinya hubung longgar listrik (Loose Contact) di salah satu terminal kabel lampu penerangan di plafon teras bioskop di lantai 10 gedung. Akibat loose contact itulah, kemudian menyebabkan komponen pada terminal lampu pada plafon meleleh dan membakar isolasi kabel.

Setelah itu, ada percikan api. Kemudian makin membesar setelah mengenai media bahan mudah terbakar seperti plastik, kayu, kertas di sekitar area plafon bangunan.

"Itu ada di sekrup terminal lampu. Biasanya kan dipasang di terminal lalu dikencengin (dikunci) pakai sekrup," sebut Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Pol Sodiq Pratomo kepada wartawan, Rabu (27/4/2022).

Baca juga:
Pinjol Jadi Motif Wanita Bunuh Diri di TP Surabaya, Polisi Gandeng OJK

Ditanya apakah ada unsur kesengajaan atas insiden kebakaran tersebut, Sodiq enggan mengungkapkannya. Menurutnya, hal itu merupakan kewenangan pihak penyidik yang menangani kasus, dalam hal ini Polrestabes Surabaya. Hasil labfor sudah dilaporkan ke Satreskrim Polrestabes Surabaya ataupun Bidang Humas Polda Jatim.

"Itu ranahnya penyidik. Perlu pendalaman penyidik. Bisa nanti updatenya dikonfirmasi ke pihak yang menangani, dalam hal ini Polrestabes Surabaya," jelasnya.

Baca juga:
Jalan Basra-Tunjungan Surabaya Padat Merayap, yang Malam Mingguan Sabar Rek...

Baca Juga: 7 Anggota Tim Labfor Tiba di Tunjungan Plaza Surabaya, Ini yang Mereka Cari