Usai Lebaran Harga Bahan Pokok di Ponorogo Malah Melejit

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Sri Wahyuni salah satu pedagang ayam potong di Pasar Legi Songgolangit Ponorogo

jatimnow.com - Harga beberapa bahan pokok di Ponorogo, diantaranya telur, daging ayam dan cabai terus naik. Hal ini cukup diherankan, bahkan oleh pedagang sendiri.

Dari pantauan jatimnow.con, di Pasar Legi Songgolangit, harga telur ayam menanjak. Bahkan, di angka Rp 27.000 per kilogram.

"Ini puncaknya, padahal kemarin lebaran cuma Rp 23.000. sekarang sampai Rp 27.000. Heran saya," kata Ali, salah satu penjual telur.

Ia mengaku, selama sepekan harga telur tidak stabil. Mulai naik ke Rp 24.000, naik menjadi Rp 25.000. Dan Sekarang Rp 27.000.

"Akibat kenaikan tersebut pembeli pun memilih mengurangi jumlah belanja, dari 1 kilo gram menjadi setengah kilo saja," bebernya.

Di sisi lain, Sri Wahyuni, salah satu pedagang ayam, mengeluhkan yang sama. Ayam yang dijual mengalami kenaikan dari pemasok.

"Kalau saya jualnya ya Rp 36.000 sampai Rp 38.000. Karena dari pemasok sendiri sudah naik," terang warga Kelurahan Mangkujayan ini.

Sri mengaku, selama 25 tahun berjualan ayam baru kali ini mengalami kenaikan setelah lebaran. Padahal tahun sebelumnya, harga akan turun setelah lebaran.

"Yang heran bukan saya saja. Mereka yang mengambil ayam ke saya juga heran. Apalagi sudah lebaran kok malah harga meroket," urainya.

Senada dengan pedagang lain, Suprihatin, pedagang cabai di pasar tersebut juga mengaku heran, pasalnya harga cabai rawit mencapai Rp 52.000 per kg.

"Sebelumnya hanya Rp 45.000. saat ini Rp 52.000. Dari sananya mbak," terangnya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor; Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter