Pixel Code jatimnow.com

Rumah Dua Lantai di Gintung, Kota Batu Hangus Terbakar

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Rumah di Gintung, Lota Batu yang terbakar (Foto: DPKP Kota Batu for jatimnow.com)
Rumah di Gintung, Lota Batu yang terbakar (Foto: DPKP Kota Batu for jatimnow.com)

Kota Batu - Sebuah rumah dua lantai di Dusun Gintung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu hangus terbakar sekitar pukul 18.30 WIB, Senin (23/5/2022).

Salah satu saksi mata, Purtaji mengatakan, api mendadak muncul dari rumah tersebut, lalu membesar. Api menghanguskan hampir seluruh ruangan di lantai dua. Bagian atap bangunan juga rusak parah akibat peristiwa itu.

"Sekitar 10 menit ada 5 mobil pemadam kebakaran datang. Dan api padam sekitar pukul 19.30 Wib," jelas Purtaji.

Warga sempat was-was, karena kampung tersebut padat penduduk. Mereka khawatir bila api merembet ke rumah lainnya.

"Beruntung segera padam dan tidak merembet ke bangunan sekitar. Sebelum petugas tiba di lokasi, penghuni rumah memang mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tapi tidak membuahkan hasil karena api semakin membesar," bebernya.

Sementara Kabid Pemadaman, Penyelamatan dan Sarpras Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu, Santoso Wardoyo mengatakan, kebakaran terjadi diduga akibat konsleting listrik.

Baca juga:
Mantan Jubir Satgas Covid-19, Achmad Yurianto Tutup Usia

"Jadi konsleting listrik bermula dari panel televisi dan sound system yang menyebabkan munculnya titik api yang merembet ke lantai atas dan membakar atap rumah. Untung saja tadi pemadaman dilakukan dengan cepat sehingga tak merembet ke rumah lainnya," terang Santoso.

Rumah itu ditempati Sutik (65), pemilik bersama anak dan cucunya. Jumlah total penghuni lima orang. Mereka untuk sementara diungsikan ke rumah saudaranya.

"Alhamdulillah penghuni selamat. Bangunan yang terbakar yaitu lantai dua, semua hangus. Bila dihitung kerugian korban mencapai Rp 250 juta," tandasnya.

Baca juga:
90 Calon Jemaah Haji asal Kota Batu Tak Bisa Berangkat, Begini Duduk Perkaranya

 

Loading...

 

Loading...