Pixel Code jatimnow.com

135 Kucing Ditelantarkan di Surabaya, Siapa Nih yang Mau Adopsi?

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Ratusan kucing yang ditelantarkan di Ruko Puncak Bukit Golf, Surabaya. (Foto: Farizal Tito/jatimnow.com)
Ratusan kucing yang ditelantarkan di Ruko Puncak Bukit Golf, Surabaya. (Foto: Farizal Tito/jatimnow.com)

Surabaya - Sebanyak 135 kucing berbagai jenis dan seekor anjing diduga ditelantarkan oleh pemiliknya di Komplek Ruko Puncak Bukit Golf, Surabaya.

Dari pantauan jatimnow.com di lokasi, Selasa (24/5/2022) sore ratusan hewan lucu itu ditelantarkan dengan terkurung di kandang besi tanpa diberi makan maupun minum.

Tak hanya itu, bau amoniak yang dihasilkan kotoran kucing sangat menyengat dari dalam ruko empat lantai tersebut. Bahkan ada pula bangkai bayi-bayi kucing yang mati di dalam kandang besi itu.

Menurut salah satu pengelola Ruko Puncak Bukit Golf, Michel, sudah sepekan ratusan kucing tersebut telantar. Bahkan pihaknya kerap memberikan makanan per harinya kurang lebih 7 kilogram.

"Jadi kucing-kucing ini kurang lebih dari tanggal 17 (Mei) ditelantarkan, kita sudah bilang harus segera diambil, tapi tidak diambil. Akhirnya pegawai saya yang saya suruh kasih makan setiap hari. Satu hari makanan 7 kilogram," ujar Michel.

Pihak manajemen Ruko, lanjut dia, terus mencoba menghubungi penyewa ruko, namun belum bisa tersambung, bahkan sering kali ditolak.

"Nah setelah dua hari tidak ada kejelasan saya melapor, saya konsultasi ke pihak kepolisian, dari pihak kelurahan saya ke Damkar, jadi semua proses sudah kita laluin," terangnya.

Selain itu, Michel juga meminta pertolongan pada komunitas pecinta hewan, perihal kondisi kucing dan anjing yang terkurung dan ditelantarkan tersebut.

"Kemudian viral, akhirnya dengan bantuan teman-teman pecinta kucing semoga semua masalah bisa terselamatkan, karena disini ada ratusan nyawa kucing. Sesama makhluk hidup saya berharap bisa terselamatkan," ungkap Michel.

Awalnya, lanjut Michel, penyewa atas nama Ester Marlina Tanuaji ini berencana akan membuka toko makanan kucing.

Baca juga:
Aksi Pencurian Mixer Pengeras Masjid di Kelurahan Lontar Surabaya Terekam CCTV

"Dulu rencana tempat ini mau dipakai untuk jualan makanan kucing tapi dia ada hewannya," imbuhnya.

Sementara itu,total 135 kucing dan seekor anjing yang ditinggalkan pemiliknya ini memang tampak tak terurus. Sebanyak 4 lantai berisi kucing yang terkurung.

Mendapatkan laporan adanya ratusan kucing ditelantarkan, komunitas pecinta kucing langsung mendatangi lokasi.

"Kan ada laporan kalau ada kucing yang ditelantarkan sama pemiliknya, akhirnya aku cek ke ownernya, beliau menceritakan akhirnya saya tinjau lokasi, saat tinjau lokasi memang, ternyata ada sekitar ada 135 ekor kucing dan 1 ekor anjing dan setiap lantai ada," ucap salah satu anggota komunitas pecinta kucing, Novitta Eka.

Berada di lokasi dijamin tak akan kuat. Pasalnya saat salah satu wartawan kami memasuki Ruko tersebut langsung merasakan pengap dan tercium aroma tak sedap. Bahkan saat naik ke lantai selanjutnya, aroma semakin mengeras, terlebih lagi aroma kotoran kucing.

Baca juga:
Mobil Pekerja WO Dibobol saat Parkir di Restoran, Laptop hingga Dompet Raib

Dijelaskan Novita, kucing-kucing itu berada di semua lantai ruko tersebut.

Loading...

"Lantai pertama 55 kucing, kedua 13, ketiga 55 dan atas 12 kucing. Semua dalam kodisi mengenaskan. Kotoran lebih ke kotoran dan pipis yang bertumpuk, kalau makanan sudah dikasih setiap hari, jadi gak terlalu lapar," ungkapnya.

Menurutnya, kucing-kucing itu harus segera diselamatkan, Mengingat kotoran yang menumpuk bisa menjadi bakteri yang bisa menyerang kesehatan hewan tersebut.

Saat ini, ratusan kucing ini belum bisa dievakuasi, dikarenakan jumlahnya cukup banyak dan juga tidak ada tempat penampungan yang bisa menampung kucing sebanyak itu.

"Kami berdiskusi dengan pihak pengelola Ruko dan kami menyarankan jika ada pecinta kucing di Surabaya ada yang mau mengadopsi untuk dipersilahkan," tegas dia.

Loading...